Download data curah hujan dari stasiun pengamatan cuaca

Precipitation in the World. Credit holtz.org

Data Curah Hujan dari stasiun pengamatan cuaca dapat digunakan untuk estimasi curah hujan untuk areal tertentu. Untuk mendapatkan data curah hujan dari stasiun pengamatan cuaca, kita dapat meminta secara formal ke BMKG setempat, atau download di beberapa website yang menyediakan data tersebut. Salah satu website penyedia data curah hujan dari stasiun pengamatan cuaca di seluruh dunia adalah National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Data yang disediakan adalah data pengamatan stasiun pengamatan cuaca seperti temperature, tekanan udara, kecepatan angin, visibility, dan tentu saja precipitation. Berikut adalah contoh download data curah hujan dari NOAA.

Tahap 1. Kunjungi website NOAA di http://www7.ncdc.noaa.gov/CDO/dataproduct

Tahap 2: Pilih data

Pilih tipe data yang diinginkan. Tulisan ini menggunakan data harian. Pilih Surface Data, Global Summary of the Day.

ch001

 

Catatan: Jika ingin data per jam (dengan interval 3 jam), maka pilih lah Surface Data, Hourly Global.

Klik pada Access Data/Products

Tahap 3: Pilih Country Indonesia

ch002

Klik Continue

 

Tahap 4: Pilih stasiun pengamatan cuaca

ch003

Stasiun dapat dipilih beberapa dengan menggunakan bantuan tombol CTRL

 

Tahap 5: Tentukan range waktu

ch004

 

Kita dapat memilih rentang waktu yang diperlukan atau berdasarkan waktu tertentu saja. Selain itu diperlukan klarifikasi dengan mengisi captcha.

Tipe data dapat dipilih berupa Comma Delimited (atau Tab Delimited). Klik Continue

Tahap 6: Buka data

Data dalam format TXT dapat langsung dibuka dengan Klik pada LINK data. Informasi pendukung seperti dokumentasi format dan list stasiun pengamatan cuaca juga dapat dibuka.

ch005

 

ch006

 

Tahap 7: Save as TXT

File disimpan dalam format TXT di folder yang sudah disiapkan.

Tahap 8: Import ke MS Excel (opsional)

File TXT yang diperoleh dari Tahap 7 dapat dibuka di software GIS ataupun spreadsheet. Menurut saya mengolah data curah hujan di dalam MS Excel lebih memudahkan, terlebih karena pengolahan data tabel sudah terbiasa dilakukan pada MS Excel. Data TXT harus dibuka (import) dengan pilihan seperti gambar di bawah.

ch007

 

Tahap 9: Mengolah data di spreadsheet

Data Curah Hujan (PRCP, Precipitation) belum berbentuk data numerik yang siapt dianalisa. Masih ada beberapa pengolahan data yang perlu dilakukan. Terdapat beberapa kode seperti A, B I dan angka 99.9 yang harus diinterpretasi seperti tampak pada Gambar di bawah.

ch008

 

Untuk memahami kode-kode tersebut, maka harus dibaca terlebih dahulu Data Format Documentation (Tahap 6), atau silakan buka laman berikut http://www7.ncdc.noaa.gov/CDO/GSOD_DESC.txt.

Selamat mencoba.

SHARE

21 COMMENTS

  1. infonya sangat bermanfaat pak. ada sedikit perubahan di web NOAA utk permintaan data. Skrg akan dikirim via email, tdk bisa langsung di donlot.

  2. Pa bagaimana ya kalau mau mengolah datanya, saya belum mengerti karna data curah hujannya ada huruf A B C, itu gmn pa?

  3. Selamat siang, Pak apakah data curah hujan hanya bisa di buka dengan program GIS dan spreadsheet?, masalahnya saya tidak punya kedua program tersebut…

    • Program Spreadsheet itu seperti MS Excel. Seharusnya ada di PC karena standard. Kalau tidak ada ya instal saja LibreOffice.
      Software GIS harus ada jika ingin memplotkan posisinya. Yg trial saja gunakan seperti saya pakai ArcGIS Trial.

  4. Selamat malam pak, pertanyaan saya mirip dengan Juhariah juhariah. tolong diberi penjelasan untuk mengolah datanya, saya belum mengerti maksud dari huruf-huruf alpabet tersebut?

  5. pak, sekarang untuk download data curah hujan yg di jelaskan diatas sblm nya oleh bpk kok tidak bisa ya ? apakah menggunakan cara baru ? mohon infonya segera pak, saya mendapatkan deadline tugas kampus T.T

  6. selamat sore pak, saya mencoba mendownload data di noaa tetapi tetap gak bisa pak. saya perlu data klorofil, tinggi gelombang dan kecepatan angin di nabire

Leave a Reply