Download data curah hujan TRMM untuk suatu area

Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM)

Data (estimasi) curah hujan dari Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM, NASA) sangat berguna sekali untuk analisis dalam cakupan yang cukup luas. Berikut adalah tutorial untuk download data curah hujan TRMM dengan hanya menggunakan browser.

1. Persiapan

Siapkan dulu area of interest (AOI) berupa bounding box, yakni berupa kotak imaginer yang meliputi area study atau wilayah yang ingin diketahui data curah hujannya.

Pada kawasan Taman Nasional Way Kambas di atas diketahui bahwa batas AOI adalah 105.45 BT - 106.08 BT dan 4.60 LS - 5.27 LS.
Pada kawasan Taman Nasional Way Kambas di atas diketahui bahwa batas AOI adalah 105.45 BT – 106.08 BT dan 4.60 LS – 5.27 LS.

Pada kawasan Taman Nasional Way Kambas di atas diketahui bahwa batas AOI adalah 105.45 BT – 106.08 BT dan 4.60 LS – 5.27 LS.

2. Kunjungi link TRMM

Untuk download data satu kawasan, kunjungi Online Visualization and Analysis System (TOVAS) di http://disc2.nascom.nasa.gov/Giovanni/tovas/TRMM_V7.3B42.2.shtml

Catatan: LINK Download SRTM sudah diupdate pada link yg disediakan dibawah

3. Pilih tipe data

Terdapat banyak tipe data hasil derivasi dari satelit TRMM. Untuk tutorial ini kita pilih data curah hujan per 3 jam. Pilih 3-hourly TRMM and other rainfall estimate (3B42 V7)

Tipe data TRMM
Tipe data TRMM

4. Masukan koordinat bounding box yang sudah disiapkan pada Langkah 1

Cakupan AOI TRMM
Cakupan AOI TRMM

5. Pilih tipe output data curah hujan

Untuk tutorial ini dipilih data dalam satuan mm/jam dengan tipe Time Series – Area Averaged dan cakupan tanggal seperti pada gambar di bawah

trmm04

Jika semua pengaturan sudah benar, Klik pada ASCII OUTPUT

6. Keluaran dalam format teks (ascii)

Jika semua tahapan dilakukan dengan benar, akan muncul pada jendela browser baru seperti di bawah ini.

trmm05

Terkadang akan muncul pesan error jika kita memberikan querry yang terlalu panjang, misalnya dikarenakan rentang tanggal yang terlampau jauh sehinnga jumlah baris yang dihasilkan harus sangat panjang. Jika terjadi error seperti demikian, bagi rentang tanggal menjadi segment-segment yang relative pendek (misal per 1 bulan) dan lakukan berkali-kali querry untuk setiap segment waktu tersebut.

Have fun

Catatan: Proyek TRMM sudah mati dan dilanjutkan dengan GPM. Silakan download TRMM dan GPM pada link berikut

http://giovanni.sci.gsfc.nasa.gov/giovanni

SHARE

5 COMMENTS

  1. setelah saya coba,ternyata di websitenya tertulis TRMM sudah discontinue. diganti sama GPM
    mohon update ya.
    btw, artikelnya bagus mas. terimakasih sudah berbagi ilmu.

  2. Selamat siang. bagaimana saya bisa mendapatkan data curah hujan dalam format ASCII OUTPUT pada webside Geovanni, karena data tampilan yang ada sudah berubah.
    yang muncul hanya format PNG

Leave a Reply