Membuka GRASS pertama kali (tutorial 2)

Directory, Location dan Mapset pada GRASS GIS

Kunjungi tag http://www.rsgis.info/tag/GRASSGISTutorial/ untuk melihat tutorial GRASS GIS lengkap.

Membuka GRASS GIS pertama kali terkadang cukup membingungkan bagi pengguna pemula. Terdapat beberapa pengaturan yang harus dilakukan saat GRASS GIS dijalankan. Tutorial berikut membahas pengaturan GRASS GIS dengan menggunakan area of interest Taman Hutan Raya Sultan Adam, Kalimantan Selatan dengan sistem koordinat UTM 50S dan extent 265271 – 324083 dan 9580219 – 9629697.

1. Menjalankan GRASS GIS

GRASS GIS dapat dijalankan dengan melakukan Klik pada shortcut atau mengetik ‘grass’ pada box pencarian pada Start menu.

grass-first-use-01

2. Tentukan GRASS GIS database Directory

GRASS GIS database Directory adalah folder tempat bekerja yang berisi project dan data. Secara default, lokasinya adalah C:\Users\<user>\Documents\grassdata. Namun pengguna dapat menggunakan folder tertentu tergantung kebutuhan yang dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Buat folder kosong untuk GRASS GIS, sebagai contoh C:\grass
  2. Pada GRASS StartUp, Klik Browse
  3. Pilih folder C:\grass
  4. Klik OK
3. Buat Location

Location adalah area of interest atau tempat yang sering kita lakukan analisa. Satu location memiliki satu  sistem koordinat. Satu Directory dapat memiliki beberapa Location. Untuk membuat location dapat dilakukan langkah berikut.

  1. Klik pada tombol NEW pada box Location
  2. Isikan nama Location, misalnya ‘kalsel’
  3. Isikan Location Title, misalnya ‘Kalimantan Selatan’
  4. Tentukan sistem proyeksi. Jika anda mengetahui kode EPSG dari sistem koordinat, pilih EPSG dan isikan kode EPSG dari sistem koordinat.
  5. Jika ada pilihan untuk membuat extent dan resolusi dapat diabaikan
  6. Jika ada pilihan untuk membuat mapset, diabaikan saja, karena akan dibahas pada tahapan selanjutnya.
4. Buat Mapset

Mapset adalah AOI spesifik yang merupakan bagian dari Location. Sistem korodinat dan extent dari mapset akan tergantung dari sistem koordinat dan extent dari Location. Untuk membuat Mapset dapat dilakukan sebagaimana langkah-langkah berikut.

  1. Pilih Location yang akan dibuat Mapset, sebagai contoh pilih Location ‘kalsel’ yang sudah dibuat pada tahapan sebelumnya
  2. Klik pada NEW pada box Mapset
  3. Isikan nama mapset. Sebaiknya nama Mapset dibuat sependek mungkin karena akan berhubungan dengan rujukan file pada berbagai proses di dalam GRASS GIS. Sebagai contoh dapat dibuat nama mapset ‘sa’ sebagai singkatan dari Sultan Adam.
5. Jalankan GRASS

GRASS dapat dijalankan setelah Directory, Location dan Mapset ditentukan seperti tampak pada gambar di bawah ini

Directory, Location dan Mapset pada GRASS GIS
Directory, Location dan Mapset pada GRASS GIS

GRASS GIS memiliki dua jendela utama, yaitu Layer Manager dan Display.

grass-first-use-08

6. Import Data

Import data pada GRASS GIS dilakukan untuk menambahkan data dari berbagai format dan sumber ke dalam format grass dan disimpan di dalam Directory. Import data dapat dilakukan dengan menggunakan perintah r.in.gdal pada command console, atau menggunakan menu File > Import raster data > Common formats import [r.in.gdal]

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply