Menambahkan Service tanpa membuat koneksi ke Mapservice

Mapservice adalah salah satu metode untuk menambahkan data online pada software GIS termasuk ArcMap. Banyak lembaga menyediakan mapservice secara gratis yang dapat digunakan dalam project-project GIS. RSGIS.info telah menampilkan tutorial untuk menggunakan Mapservice dengan contoh menggunakan ArcMap. Namun beberapa pengguna masih mengalami kendala dalam hal membuat koneksi ke mapservice. Berikut adalah cara menambahkan service (dapat dianalogikan sebagai data/layer) ke dalam ArcMap tanpa harus membuat koneksi ke mapservice.

1. Identifikasi alamat mapservice

Alamat dari mapservice harus diketahui terlebih dahulu. Beberapa contoh alamat mapservice dapat dilihat pada posting ini http://www.rsgis.info/2015/06/06/menambahkan-mapservice-pada-arcmap/

2. Buka alamat mapservice dengan web browser

Buka alamat mapservice dengan chrome, IE, firefox, atau yang lainnya. Sebagai contoh alamat mapservice Departemen LH dan Kehutanan adalah http://webgis.dephut.go.id/arcgis/rest/services/ yang jika dibuka dengan menggunakan chrome akan tampil seperti berikut.

service_mapservice_01

3. Buka salah satu service

Misalnya service yang ingin ditambahkan ke ArcMap adalah Kawasan Hutan yang jika dibuka dengan web browser akan tampil seperti berikut.

service_mapservice_02

4. Download layer untuk ArcMap

Pada gambar tersebut di atas, terdapat link untuk View in: ArcMap. Klik pada link ArcMap dan download file layer. Untuk service Kawasan Hutan maka jika didownload akan diberi nama file Kawasan_Hutan.lyr. Simpan file tersebut ke folder apa saja di HD.

5. Tambahkan file layer ke ArcMap

Layer yang didownload pada Langkah 4 dapat ditambahkan langsung ke ArcMap sebagaiman tampak pada gambar berikut.

service_mapservice_03

 

Patut dicatat bahwa file .lyr yang didownload tidak berisi data sama sekali. Data yang dirujuk oleh file .lyr tetap berada di server dari mapservice.

Jika anda adalah pengguna yang sudah cukup mahir, maka tentu cara yang seperti dibahas pada posting INI lebih mudah karena setiap service tidak perlu didownload satu per satu. Tapi jika anda memiliki masalah dalam membuat koneksi ke mapservice, maka cara ini layak dicoba.

Have fun

1 COMMENT

Leave a Reply