Karakter Untuk Simbol Marker Peta Desa

 

Badan Informasi Geospasial (BIG) telah mengeluarkan Spesifikasi Teknis Penyajian Peta Desa melalui Peraturan Kepala BIG Nomor 3 Tahun 2016 tentang Spesifikasi Teknis Penyajian Peta Desa. Peraturan tersebut adalah panduan dan acuan bagi setiap lembaga/perseorangan dalam melakukan penyajian Peta Desa.

Untuk mempermudah penyajian peta desa sesuai dengan spesifikasi teknis tersebut, Geosiana Press telah merangkum karakter-karakter yang dapat digunakan untuk penyajian peta desa tersebut sehingga pengguna GIS tidak kesulitan dalam melakukan penyajian peta desa. Karakter dibuat dalam format font (True Type Font) yang dapat digunakan oleh software GIS pada umumnya.

Karakter dapat digunakan sebagai karakter tunggal atau majemuk/ganda. Seperti pada contoh berikut adalah simbol mata air yang merupakan gabungan dari dua karakter.

peta-desa02
Simbol Mata Air

Penggabungan dua karakter menjadi satu simbol tersebut sangat berguna untuk membuat beberapa simbol dengan tipe yang sama. Sebagai contoh simbol sekolah yang secara berurutan digunakan untuk menampilkan SLTA, SD, TK, Pendidikan Agama, Pendidikan Lainnya dan Perpustakaan. Simbol-simbol tersebut adalah simbol kombinasi dari dua karakter yang mana satu karakter (karakter buku) diatur agar memiliki warna berbeda-beda.

peta-desa03

(Catatan: Bagi pengguna ArcGIS, bagaimana membuat simbol majemuk yang terdiri dari beberapa layer dapat dilihat pada Buku Belajar ArcGIS 10.2/10.3 halaman 535 – 537).

Untuk dapat menggunakan simbol peta desa, pengguna GIS dapat melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Download karakter simbol marker peta desa (Update 14 Maret 2016) di SINI
  2. Simpan di folder C:\Windows\Fonts
  3. Download dan baca Spesifikasi Teknis Penyajian Peta Desa (Per Ka BIG) di SINI
  4. Gunakan pada software GIS dengan nama Geosiana Desa (seperti tampak pada Gambar berikut menggunakan ArcGIS Desktop)

peta-desa04

Simbol ini akan diupdate sesuai dengan perkembangan. Silakan berikan komentar jika dirasa ada karakter yang belum terakomodasi atau perlu direvisi.

Dari simbol marker ini kami akan membuat style yang semoga dapat dipublish dalam waktu yang tidak terlalu lama. –> UPDATE: Style sudah dibuat pada tulisan berikut
http://www.rsgis.info/2016/06/08/style-peta-desa/

Jika ada manfaatnya, jangan lupa SHARE mas/mbak yuk. Semoga bermanfaat.

11 COMMENTS

  1. om beni mohon informasinya…saya ada pake carrymap trial 14 hari untuk aktifkan kembali saya delete RD nya melalui REGEDIT dan berhasil, tapi saya coba yang ke tiga kalinya setiap saya cari RDnya gak muncul jd sy g bisa buka carrymapnya om….kira2 apa maslahnya y om dan solusinya bagaimana agar RDnya bisal munncul kembali saat dicari ( Find) mhn bantuannya..tq

    • Maaf sy sudah pensiun pakai XTools. Perihal mengakali lisensi dengan RD memang pernah sy pakai tapi tidak lama sy uninstal kembali. Apa mungkin sudah diupdate XToolsnya?

Leave a Reply