Membuka file ECW, ALG dan ECW pada ArcGIS Desktop

Format ECW, ALG dan ERS adalah format yang menyertai software ER Mapper yang dimiliki oleh Hexagon Geospatial (dulunya ERDAS Inc), yang digunakan untuk menyimpan data spasial raster (citra)

Format ECW sangat populer digunakan untuk citra terkompresi. Selain itu format ECW juga memiliki fasilitas piramida yang sangat baik sehingga akan mempercepat proses pembacaan dan penampilan citra ECW pada ArcGIS Desktop. Format ALG sangat bagus digunakan sebagai format display citra. File ALG ini serupa dengan file layer (LYR) di ArcGIS Desktop, yang hanya mengatur bagaimana menampilkan data sedangkan datanya sendiri masih disimpan pada format citra asal. Oleh karena itu file ALG sangat efisien dan memiliki file berukuran sangat kecil. Format ERS adalah format raster yang serupa seperti TIF yang digunakan secara default oleh ER Mapper.

ecw-alg-ers-plugin-arcgis-02

File ECW dan ERS dapat dibuka secara native oleh ArcGIS Desktop. Namun untuk file ALG, pengguna harus menggunakan plugin. Hal ini menurut saya cukup disayangkan karena pada kebanyakan pengguna format ER Mapper, justru file ALG lah yang seringkali berjumlah banyak untuk menghemat space dan melakukan variasi tampilan. Selain itu, penggunaan plugin khusus tersebut, menurut saya, dapat lebih aman dari pesan error yang kadang-kadang muncul pada ArcGIS Desktop saat menggunakan data tersebut.

Jika Ingin menggunakan plugin untuk dapat menggunakan format ECW, ALG dan ECW ke ArcMap? Gunakan plugin gratis dari Hexagon Geospatial pada link berikut ini.

http://download.hexagongeospatial.com/downloads/erdas-ecw-plug-in-for-arcgis-desktop-2015

Leave a Reply