Download Track GPS dari Avenza PDF Maps

Sebagaimana telah dibahas pada posting berikut bahwa salah satu software gps pada perangkat mobile (smartphone/tablet) yang patut dicoba adalah Avenza PDF Maps. Namun jika kita mengandalkan intuisi untuk menggunakan software tersebut terkadang ada fungsi-fungsi penting yang dapat saja terlewatkan. Salah satunya adalah untuk mendownload track GPS yang sudah dibuat ke software GIS.

Berikut adalah tahapan untuk mendownload track GPS dengan format GPX untuk dapat digunakan pada software GIS ArcGIS Desktop (ArcMap)

Aktifkan Record GPS Tracks

Aktifkan salah satu peta PDF yang telah ditambahkan ke software Avenza PDF Maps. Pada ikon TOOLS terdapat fungsi untuk mengaktifkan Record GPS Tracks. Tentu saja smartphone/tablet yang digunakan harus sudah memiliki GPS yang aktif.

avenza_track_gps01
Gb 1. Aktifkan Record GPS Tracks

Buka Layer

Track GPS disimpan dalam salah satu layer (LINE). Untuk melihat layer yang tersedia, KLIK pada Layer yang terdapat pada bagian bawah layar.

Gb 2. Layer pada PDF Maps

Tampak seperti pada Gambar 3 bahwa track GPS terdapat di dalam layer LINES. Satu layer LINES dapat terdiri dari beberapa track atau beberapa fitur lain.

avenza_track_gps03
Gb 3. Layer yang tersedia

 

Pilih Layer yang akan diekspor

Tentu saja sebaiknya pilih track GPS diperlukan saja untuk diekspor. Pada Gambar 3, KLIK pada layer Lines dan akan tampak isi dari layer Line seperti pada Gambar 4 berikut.

Gb 4. Track di dalam layer LINES

Lakukan KLIK pada ikon Ekspor

Ekspor ke format GPX melalui email

PDF Maps menyediakan pilihan ekspor via email, dropbox, itunes atau airdrop. Selain itu juga terdapat pilihan format GPX, KML atau CSV. Pada contoh berikut dipilih format GPX yang merupakan format baku data GPS. Klik EXPORT pada tampilan seperti Gambar 5 berikut.

avenza_track_gps05
Gb 5. Pengaturan ekspor Track

Jika pilihan ekspor adalah via Email, maka akan tampil dialog pengiriman email seperti pada Gambar 6 berikut.

avenza_track_gps06
Gb 6. Mengirim file GPX via email

Tambahkan file GPX ke ArcMap

Software ArcMap dapat langsung membuka format GPX yang dikirim melalui email dengan tampilan seperti berikut.

avenza_track_gps07
Gb 7. Track GPS pada software ArcMap

/have fun

SHARE

3 COMMENTS

Leave a Reply