Menambahkan Nomor Berurutan pada Sorted Table di ArcGIS

Salah seorang teman bertanya “Bagaimana membuat nilai pada suatu FIELD yang urut berdasarkan luasan“. Sungguh saya ingin langsung menyebut caranya dengan XTools Pro atau ETGeoWizard untuk mengunci sortiran dan selanjutnya menambah Nomor berurutan. Tapi saya cepat teringat bahwa saya sedang puasa pakai XTools Pro dan ingin agar yang lain juga tidak pakai XTools Pro. Jadi saya sebut saja itu harus pakai script. Karena ingat dulu pernah post di group cara membuat sequential number dengan script (bukan dengan FID + 1).

Namun menggunakan script untuk membuat nomor berurutan (sequential number) pada Field Calculator tetap menggunakan FID atau urutan data semula, bukan urutan data yang sudah di-sort. Sehingga diperlukan tool lain untuk membuat penyortiran data menjadi permanen. Untuk itulah digunakan tool Sort yang terdapat pada ArcToolbox. Jadi untuk menambahkan nomor urut pada sorted table tanpa ekstensi tambahan dapat dilakukan dengan tahapan berikut.

Menentukan FIELD untuk melakukan sortiran

Misalnya berdasarkan luas. Pada tabel atribut, Klik-ganda di atas nama FIELD untuk melakukan penyortiran. Terdapat dua mode yaitu Ascending da Descending yang dapat diubah-ubah dengan melakukan Klik-ganda di atas nama FIELD. Jika perlu pengaturan sortiran lebih lanjut dapat dilakukan dengan Klik-kanan di atas nama FIELD dan pilih Advanced Sorting.

sequential-sorted-01
Gb 1. Tabel atribut yang sudah di-sort descending pada field KM2, dari luasan terbesar ke terkecil

Mengunci Sortiran

Sortiran pada langkah sebelumnya bersifat sementara sehingga langkah sebelumnya (Gambar 1) hanya dilakukan untuk visualisasi sortiran saja. Diperlukan tindakan untuk mengunci sortiran tersebut menjadi permanen. Gunakan tool SORT yang terdapat pada ArcToolbox seperti pada Gambar 2.

Gb 2. Sortir tabel berdasarkan field KM2 mode Ascending (dari terbesar ke terkecil)

Pada Gambar 2 tersebut di atas dapat dilakukan pengurutan berdasarkan lebih dari satu field. Misalkan diurutkan berdasarkan Nama Kabupaten dan Luas KM2. Field yang terletak lebih di atas dilakukan pengurutan terlebih dahulu baru kemudian field di bawahnya.

Tool SORT menghasilkan data baru (misal shapefile) yang perlu ditambahkan ke dalam TOC sebelum dilakukan langkah selanjutnya.

Membuat Nomor Berurutan

Nomor Berurutan adalah nomor yang urut misalnya dari yang terkecil ke yang terbesar (ascending) atau sebaliknya (descending). Untuk melakukan itu dapat dilakukan langkah yang mudah dengan menggunakan Field Calculator dengan sintak FID + 1, yang artinya field FID ditambah dengan satu. Hal ini dikarenakan secara default, shapefile memiliki field FID yang urut dimulai dari 0 (nol). Sebagai alternatif tentu dapat digunakan script ular sawah (python), namun tidak dibahas di sini.

Tambahkan output dari tool SORT (layer kabupaten_sort.shp pada Gambar 2) ke dalam TOC. Buka tabel atribut dari layer tersebut. Lakukan Field Calculator seperti pada Gambar 3 berikut.

sequential-sorted-03
Gb 3. Menambahkan angka berurutan dengan Field Calculator dengan memanfaatkan field FID

Langkah-langkah di atas menghasilkan angka berurutan dengan nomor 1 adalah luas polygon paling besar dan nomor terakhir adalah luasan terkecil.

/Have fun

SHARE

2 COMMENTS

Leave a Reply