Download Data Hotspot via MODIS

Hotspot adalah titik yang diperoleh dari citra satelit yang mendeteksi piksel dengan temperatur tinggi yang memiliki probabilitas tinggi sebagai akibat kebakaran hutan dan lahan. Banyak pihak, termasuk saya, lebih suka menggunakan istilah firespot untuk membedakannya dengan koneksi internet wifi.

Sumber hotspot yang sering digunakan di Indonesia adalah satelit NOAA AVHRR. Sipongi, sebuah sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan yang dimiliki oleh Kementerian LHK telah menggunakan data satelit NOAA sejak tahun 1990an. Setelah satelit MODIS diluncurkan dengan sensor TERRA dan AQUA yang dimilikinya, monitoring hotspot pun dapat dilakukan dengan satelit MODIS tersebut.

Untuk kepentingan analisis, seringkali pengguna memerlukan data hotspot historikal dalam rentang waktu tertentu, misalnya data 2005 – 2015. Untuk kepentingan tersebut, NASA menyediakan website yang dapat digunakan untuk download hotspot historikal tersebut dengan tahapan seperti berikut.

Kunjungi web FIRMS

Website FIRMS (Fire Information for Resource Management System) dapat diakses pada link https://firms.modaps.eosdis.nasa.gov/download/

Buat REQUEST

Pada laman FIRMS terdapat pilihan apakah akan membuat New Request atau Existing Requests. Untuk membuat permintaan baru, maka KLIK pada New Request.

 

download-firms01
Gb 1. Permintaan data

Buat AOI berupa polygon

Gunakan tool zoom atau pan untuk menampilkan areal studi yang diinginkan. Selanjutnya gunakan Draw Polygon, untuk membuat batasan data firespot yang diinginkan.

 

download-firms02
Gb 2. Membuat Area of Interest

Selanjutnya tentukan rentang tanggal, format dan email. Pemberitahuan bahwa permintaan data firespot diterima atau siap download akan diberitahukan melalui email.

download-firms03
Gb 3.

 

Pemberitahuan via Email

Pemberitahuan pertama via email adalah konfirmasi permintaan data dengan detailnya. Jika permintaan data sudah benar, maka abaikan saja pemberitahuan tersebut. Namun jika detail permintaan data keliru, misalnya salah rentang tanggal dsb, maka buat lagi Request data kembali.

download-firms04
Gb 4. Konfirmasi permintaan data

 

Download LINK yang Diberikan via Email

Email selanjutnya dari NASA-FIRMS adalah pemberitahuan bahwa data sudah siap di-download. Kita cukup melakukan KLIK pada link yang diberikan pada email seperti tampak pada Gambar berikut.

 

download-firms05
Gb 5. Konfirmasi data siap download

Tambahkan data yang didownload ke software GIS

Perlu dicatat bahwa data firespot dari FIRMS dilengkapi dengan atribut yang lengkap yang mencantumkan brightness, tanggal, waktu, confidence, satelit (Terra atau Aqua) dan sebagainya.

 

download-firms06

/have fun

SHARE

Leave a Reply