Menghitung Luas Data Raster Berdasarkan Jumlah dan Resolusi

Menghitung Luas Data Raster Berdasarkan Jumlah dan Resolusi

Bagaimana cara menghitung luas data raster dalam satuan hektar? Mungkin pertanyaan tersebut dengan mudah dijawab oleh para pengguna RSGIS. Sederhana saja, konversi data raster ke data vektor dan hitung luas data vektor hasil konversi.

Namun, menurut saya cara tersebut tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada beberapa isu yang dapat menyebabkan cara tersebut tidak enak untuk digunakan. Pertama metode konversi dari raster ke vektor dapat menyebabkan distorsi penghitungan luas, misalnya jika digunakan smooth polygon. Yang kedua, jika jumlah raster hasil konversi sangat besar, ini akan membebani komputer. Ingat untuk tingkat informasi yang sama, data vektor lebih berat dibandingkan dengan data raster.

Cara yang favorit saya untuk menghitung luas data raster adalah dengan mengalikan jumlah data raster dengan luas setiap piksel.

Hitung luas piksel per kelas

Data raster yang dapat dihitung luasnya (dan juga bisa dikonversi ke data vektor) hanya data raster yang sudah terkelaskan, bukan tipe data kontinyu. Setiap data terkelaskan akan memiliki data atribut yang berisi Value dan jumlah piksel seperti pada gambar 1 berikut.

Gb 1. Jumlah piksel per kelas
Gb 1. Jumlah piksel per kelas

Tentukan luas per piksel

Luas per piksel dapat ditentukan dari resolusi piksel. Sebagai contoh jika resolusi data raster adalah 0,5 x 0,5 m2, maka luas per piksel adalah 0,25 m2. Resolusi data raster mungkin saja dalam angka beberapa angka di belakang koma. Jika menggunakan ArcMap, resolusi dapat dilihat pada properti layer seperti pada gambar 2 berikut.

Gb 2. Resolusi data raster untuk luas piksel
Gb 2. Resolusi data raster untuk luas piksel

Hitung luas per kelas

Seperti telah disebutkan pada bagian awal tulisan ini, luas adalah jumlah sel dikali dengan luas per piksel. Untuk menghitung dapat dilakukan dengan software Spreadsheet seperti MS Excel seperti pada gambar 3 berikut.

Gb 3. Kalkulasi luas data raster di MS Excel
Gb 3. Kalkulasi luas data raster di MS Excel

Hasil luas data raster tersebut di atas adalah luas data yang mungkin perlu dilakukan penyesuaian lebih lanjut misalnya dengan rasionalisasi seperti pada artikel berikut.

Menyesuaikan Luas Polygon Tak Beraturan

/have fun

SHARE

Leave a Reply