Membuat Efek 3D dengan Hillshade

Efek 3D sering ditambahkan kedalam peta 2D yang berbentuk layout pada software GIS. Pada ArcMap (ArcGIS Desktop), untuk mendapatkan efek 3D tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan layer hillshade transparan. Layer Hillshade adalah merupakan simulasi penyinaran matahari pada arah dan elevasi tertentu yang merupakan layer turunan dari layer elevasi (DEM). Untuk membuat efek 3D dengan hillshade pada software ArcMap dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

1. Siapkan layer

Layer yang harus disiapkan ada dua tipe. Pertama layer biasa seperti halnya pembuatan peta. Tergantung kepada tipe project, layer biasa dapat berupa layer vektor data-data topografi, layer data raster seperti citra satelit atau kombinasi keduanya. Kedua, layer hillshade. Layer ini merupakan data turunan dari data elevasi (DEM) dengan menggunakan tool surface.

hillshade-01
Gb 1. Contoh layer-layer yang disiapkan

2. Mengatur susunan layer

Lakukan penyusunan layer dengan layer hillshade lebih atas daripada layer fill lainnya. Layer fill adalah layer polygon yang diberi warna (fill) atau juga layer raster lain seperti layer elevasi. Penyusunan layer juga dapat dibalik, misalnya layer elevasi di bagian atas dan layer hillshade berada di bagian bawah. Selanjutnya yang diberi transparansi adalah layer elevasi yang berada paling atas. Tetapi yang sering saya lakukan adalah layer hillshade berada paling atas. Lihat Gambar 1 sebagai contoh susunan layer.

3. Mengatur transparansi

Set layer hillshade, atau layer paling atas menjadi transparan dengan level antara 50 – 80 (atau sesuai selera). Pada properti layer, tab display, isi angka dalam prosentasi misalnya 70 seperti pada gambar berikut.

hillshade-02
Gb 2. Mengatur transparansi layer hillshade

4. Hasil overlay transparansi

Overlay layer hillshade transparansi dengan layer lainnya akan menghasilkan efek tiga dimensi pada tampilan yang sebenarnya hanya dua dimensi saja. Pengaturan transparansi pada Gambar 2 mungkin perlu disesuaikan dengan karakteristik layer lainnya, sehingga mungkin persentasi transparansi perlu dinaikan atau diturunkan.

Perbedaan dengan dan tanpa layer hillshade dapat dilihat pada gambar berikut.

Tutorial yang sama dalam bentuk interaktif dapat dilihat pada post berikut
http://www.rsgis.info/2016/04/22/membuat-efek-3d-dengan-hillshade/

/Have fun

SHARE

Leave a Reply