Download OpenStreetmap di ArcMap

OpenStreetmap sudah menjadi salah satu sumber data utama dalam GIS. Ketersediaan data yang mudah dan bersifat terbuka menjadikan OpenStreetmap menjadi salah satu sumber data yang reliable dan cepat update. Bagi pengguna ArcGIS Desktop yang ingin menggunakan data OpenStreetmap langsung di ArcMap, dapat dicoba digunakan ekstensi ArcGIS Editor for OSM.

Pertama, download ekstensi ArcGIS Editor for OSM di linkĀ http://www.arcgis.com/home/item.html?id=4533407decd94428817a228cb36964cf

Link di atas adalah untuk instalasi dengan ArcGIS Desktop versi 10.5. Untuk versi ArcGIS Desktop lain silakan cari installer yang bersesuaian.

Selanjutnya lakukan instalasi, anda akan medapatkan toolset pada ArcToolbox yang dapat digunakan untuk mendownload data dari OpenStreetMap dan disimpan dalam format Geodatabase. Data OpenStreetMap yang disimpan tersebut dapat diedit, dimodifikasi dan diupdate langsung pada ArcMap.

Setelah selesai editing data OpenStreetMap, kita dapat langsung mengirimkannya kembali ke OpenStreetmap agar tersedia bagi pengguna lain.

Lebih jauh tentang OpenStreetMap silakan kunjungi web openstreetmap.id

Have fun

Leave a Reply