Plot Geo-tagged Photo pada ArcMap

Photo yang diambil menggunakan Smartphone pada saat service Lokasi ON akan secara otomatis memiliki metadata posisi (koordinat). Silakan coba dicek beberapa photo pada Smartphone anda dengan menampilkan properties/detail dari photo yang sedang ditampilkan. Semisal menggunakan OS Android maka akan tampil seperti berikut.

Atau pada saat photo sudah ditransfer ke komputer dan dicek properties dari photo yang bersangkutan, maka akan tampil metadata DETAILS berupa Latitude dan Longitude seperti pada gambar berikut.

Pada gambar di atas tampak bahwa photo memiliki metadata Latitude dan Longitude.

Bagaimana photo-photo yang bergeotag dapat diplot langsung menjadi POINT pada ArcMap? Silakan dicoba langkah-langkah berikut.

Pertama, transfer photo di HP ke PC dengan metode transfer yang tidak menghilangkan metadata (EXIF) dari photo-photo yang bersangkutan. Metode transfer dapat koneksi langsung via kabel, kirim email atau kirim document via WA (jangan kirim photo via WA, harus metode kirim dokumen). Simpan photo-photo yang akan diplot dalam satu folder kosong yang hanya berisi photo-photo yang akan diplot tersebut saja.

Kedua, Jalankan ArcToolbox Data Management Tools > Photos > GeoTagged Photos To Points. Tool tersebut berupa script Python yang dapat dieksekusi layaknya tool lain. Pilih folder yang berisi photo yang akan diplot. Tentukan geodatabase output yang akan berisi fitur POINT yang merepresentasikan posisi setiap photo. Sebaiknya biarkan saja geodatabase default yang diberikan oleh ArcMap. Pilihan seperti pada gambar berikut.

Ketiga, atur symbology jika diperlukan dan gunakan HTML Popup untuk menampilkan photo yang terkait setiap titik sehingga tampil seperti pada gambar berikut.

/Have fun

Leave a Reply