Mengubah Koordinat UTM <> Geografis

Konversi Daftar Koordinat dari UTM ke Geografis atau sebaliknya seringkali dilakukan oleh para praktisi GIS. Banyak sekali metode yang dapat dilakukan dengan pendekatan yang berbeda-beda. Pendekatan yang paling simple adalah dengan menggunakan konstanta tertentu. Yang sering digunakan adalah 1 derajat sama dengan berapa meter UTM? Jika mendapati pertanyaan tersebut saya tidak pernah bisa menjawab. Paling-paling yang ‘tergantung di mana lokasinya’. Mengubah Koordinat dari UTM ke Geografis atau sebaliknya tidak bisa dilakukan sebagaimana layaknya mengubah dari CM ke INCHI. Banyak sekali parameter yang harus diperhatikan dan diakomodir dalam perhitungannya.

Untuk praktisi GIS tentu saja tidak perlu repot menghapal rumus dan parameter konversi. Cukup mengetahui metode-metode apa saja yang tersedia dan layak untuk digunakan. Untuk mengubah koordinat UTM ke Geografis atau sebaliknya dapat digunakan beberapa pilihan cara sebagai berikut.

1. Menggunakan tool Online

Banyak sekali aplikasi web yang dapat digunakan untuk konversi satu atau series koordinat dari UTM ke Geografis atau sebaliknya. Dengan menggunakan tool tersebut, kita tidak perlu lagi pusing dengan formula. Cukup percaya saja dengan yang membuat website. Beberapa web yang dapat digunakan adalah

http://home.hiwaay.net/~taylorc/toolbox/geography/geoutm.html
http://www.synnatschke.de/geo-tools/coordinate-converter.php
https://www.latlong.net/

2. Menggunakan Template Spreadsheet

Untuk konversi dengan jumlah koordinat banyak, dapat dicoba menggunakan spreadsheet seperti MS Excel. Banyak template yang sudah dibuat sehingga kita tinggal mengisi koordinat UTM atau Geografis yang akan dikonversi.

Contoh spreadsheet dapat diunduh pada LINK berikut
https://www.biw.kuleuven.be/LBH/lbnl/forecoman/intern/Tools/UTMConversions1.xls

3. Menggunakan Software Khusus Konversi

Banyak sofware khusus yang bersifat standalone yang dapat digunakan untuk konversi antara UTM dan Geografis. Salah satu software yang sudah lama malang melintang adalah Transkoord yang dikeluarkan oleh BAKOSURTANAL (sekarang BIG). Software ini berjalan pada OS Windows 32 bit. Transkoord dapat digunakan untuk konversi satu titik atau sekaligus banyak koordinat (format Teks).

Transkoord

Software serupa dapat di-googling seperti GeoTrans, TatukGIS Coordinate Calculator, dan sebagainya.

4. Menggunakan Software GIS

Untuk pengguna yang memiliki akses ke software GIS, maka konversi koordinat lebih baik dilakukan pada software GIS tersebut. Terlebih untuk data koordinat yang banyak dan memerlukan hasil konversi yang lebih dapat dipertanggung jawabkan. Titik-titik koordinat harus diinput sebagai entitas (fitur atau grafik) dan selanjutnya dikonversi ke sistem koordinat baru. Software GIS seperti QGIS dan ArcGIS dapat melakukan konversi tersebut dengan mudah.

Metode konversi yang paling baik tergantung kebutuhan. Jika hanya ingin mengkonversi satu titik lebih baik dengan aplikasi online berbasis web, tetapi pada saat jumlahnya banyak dan menuntut metode yang lebih dapat dipertanggung jawabkan, maka dengan software GIS lebih baik.

/Have fun

Leave a Reply