Membuat Simbol Marker TTF dengan CorelDraw

CorelDraw adalah perangkat lunak editing grafis yang sangat luas digunakan oleh desainer khususnya untuk percetakan. Perangkat lunak ini serupa dengan Adobe Ilustrator atau InkScape. Mengapa penulis lebih menggunakan CorelDraw dibandingkan software lain? Ya karena kebiasaan saja. Sejak pertama kali mengenal dunia grafis, penulis dikenalkan dengan CorelDraw 4 yang membuat CorelDraw selalu menjadi software grafis utama bagi penulis.

Untuk membuat simbol point, garis, ataupun polygon pada software GIS, pengguna akan sering memerlukan marker, yaitu simbol yang merepresentasikan titik (point). Dalam fitur garis, marker dapat digunakan sepanjang garis baik itu berseling dengan garis maupun dengan marker lainnya. Pada polygon pun serupa, di dalam pengaturan fill polygon, seringkali standar kartografi tertentu mensyaratkan pengguna untuk menggunakan marker yang diplot tersebar di dalam polygon.

Untuk membuat symbol marker format True Type Font (.TTF) menggunakan CorelDraw penulis menyarankan untuk melakukannya sebagai berikut.

  1. Set ukuran kanvas dengan ukuran persegi (square), misalnya 720 x 720 point
  2. Buat beberapa sheet (page), jumlah karakter dalam satu file TTF biasanya 128 (untuk Blok Basic Latin), sehingga pengguna dapat membuat sebanyak 128 symbol marker dalam satu file TTF
  3. Buat marker pada setiap page sesuai dengan kebutuhan. Kurangi jumlah node dan gabungkan polygon-polygon terpisah dengan weld sehingga menjadi satu kesatuan. Fill tidak perlu diatur, jika pun diisi maka sesederhana mungkin dan jangan menggunakan gradasi.
  4. Pada setiap page hanya diisi satu marker
  5. Pilih marker yang akan diekspor sebelum diekspor ke TTF, sehingga yang diekspor hanya obyek terpilih saja
  6. Saat melakukan ekspor, pilih design size sesuai ukuran kanvas, misalnya 720 points dan pilih nomor karakter (0 – 127)
Ekspor grafis dari CorelDraw ke TTF

File TTF dapat diinstal sebagai font yang siap digunakan untuk simbol marker, misalnya pada ArcGIS Desktop/ArcMap. Marker dapat digunakan untuk simbology point, polyline, polygon maupun north arrow.

Bagi pengguna yang ingin menggunakan marker dengan format SVG (misalnya untuk QGIS), dapat dilakukan dengan tool konversi TTF ke SVG atau saat ekspor dari CorelDraw langsung ke format SVG.

/have fun

Leave a Reply