$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

Modifikasi Nilai Derajat, Menit dan Detik pada MS Excel

Perangkat lunak spreadsheet, khususnya MS Excel, masih sangat sering digunakan untuk membantu tugas-tugas GIS. Meskipun pengolahan tabel ...


Perangkat lunak spreadsheet, khususnya MS Excel, masih sangat sering digunakan untuk membantu tugas-tugas GIS. Meskipun pengolahan tabel dan atribut sudah sangat mudah dilakukan pada perangkat lunak GIS, namun untuk presentasi data atribut, kebanyakan pengguna GIS masih mengandalkan MS Excel. Salah satu rutinitas yang sering dilakukan adalah mengubah nilai derajat, menit dan detik ke dalam notasi yang baku seperti 116o 2' 15". Untuk mendapatkan angka-angka 116, 2 dan 15 tentu bukan hal yang sulit karena MS Excel dapat langsung membuka file DBF dari data vektor. Namun memodifikasinya ke format 116o 2' 15" masih cukup tricky. Berikut adalah salah satu cara memodifikasi nilai derajat, menit dan detik tersebut.

1. Kenali fungsi fungsi MS Excel untuk modifikasi

Beberapa fungsi MS Excel yang sangat berguna adalah sebagai berikut.

  • & : berfungsi untuk menggabungkan/menggandengkan dua nilai sel tanpa dilakukan operasi aljabar.
  • CHAR() : berfungsi menyisipkan karakter khusus ASCII. Untuk menyisipkan kode ASCII, pengguna harus hapal nomor kode dari karakter yang akan disisipkan. Sebagai contoh untuk karakter derajat (o) adalah karakter ke-176. Maka dengan menuliskan =CHAR(176) akan menghasilkan karakter (o). Karakter menit dan detik secara berturut-turut dapat digenerate dengan fungsi =CHAR(146) dan =CHAR(148)
  • " " : berfungsi untuk menyisipkan karakter apa saja dalam fungsi, termasuk menyisipkan spasi. Dalam penulisan nilai DMS pada pelaporan, pada umumnya diperlukan spasi antar nilai D, M dan S. Untuk keperluan tersebut fungsi " " digunakan.

Ketiga formula tersebut dapat dikombinasikan untuk membuat nilai derajat, menit dan detik pada MS Excel.

2. Buat Formula

Buat formula menggunakan fungsi yang sudah dijelaskan pada bagian 1. Contoh formula dapat dilihat pada Gambar berikut.

Gambar 1

Amati gambar tersebut di atas. Tampak pada sel F3 telah dibuat formula untuk memodifikasi nilai DMS menjadi satu dengan fungsi-fungsi yang sudah disebutkan pada tahapan sebelumnya.

3. Modifikasi lebih lanjut

Contoh hasil yang ditampilkan pada Gambar 1 mungkin tidak memuaskan dan perlu modifikasi lebih lanjut. Sebagai contoh, Karakter menit yang digunakan CHAR(146) dapat diganti dengan karakter pada keyboard menggunakan "'" (atau dua buah tanda petik-dua mengapit satu tanda petik-satu, sehingga tampak seperti tanda petik-lima). Karakter detik (") juga dapat diganti dengan fungsi """ (atau dua buah tanda petik-dua mengapit satu tanda petik-dua, sehingga tampak seperti tanda petik-enam).

Modifikasi lanjutan lainya misalnya adalah jumlah digit untuk semua nilai derajat harus tiga, nilai menit harus dua, dan jumlah detik harus dua digit. Sebagai contoh pada Gambar 1, nilai 3o 5' 5" harusnya ditulis 003o 05' 05". Untuk melakukan hal tersebut, pengguna dapat memanfaatkan fungsi IF..THEN.. ELSE seperti pada formula pada Gambar 2 berikut.

Gambar 2

Patut diperhatikan bahwa pemisah pada formula di Gambar 2 menggunakan separator berupa tanda koma (,). Mungkin pada komputer dengan pengaturan regional berbeda dapat menggunakan tanda lain seperti semi colon (;).

Melakukan modifikasi nilai derajat, menit dan detik pada MS Excel seperti telah dijelaskan pada tulisan ini hanya lah salah satu cara saja. Pengguna dapat juga menggunakan ekstensi reporting dan lain sebagainya yang mungkin lebih otomatis. Namun, cara yang telah dijelaskan meskipun cukup rumit pertama kali, tapi akan sangat memuaskan untuk digunakan dan dimodifikasi di kemudian hari. Sekali buat dapat disimpan dan dicopy-paste untuk keperluan yang sama di lain waktu.

Ingin menyalin file contoh MS Excel yang telah berisi formula seperti pada tutorial ini? Silakan download di http://bit.ly/1HHGr4E

/have fun

COMMENTS

BLOGGER: 11
  1. Assalamualaykum, Bang, Bisa share formula excel di atas untuk latihan.

    BalasHapus
  2. Beni Raharjo20 Mei 2015 19.09

    Wa'alaikum salam. Sudah sy kirim.

    BalasHapus
  3. bisa minta formulanya..

    BalasHapus
  4. minta kirim formulanya Bang..

    BalasHapus
  5. mantep nih.. klo bs kirim dong bang

    BalasHapus
  6. Beni Raharjo26 Mei 2015 21.02

    Tulisan sudah sy update disertai LINK untuk download contoh file MS EXCEL. Silakan langsung download saja.

    BalasHapus
  7. mantap mas beni..hnya pingin konversi ke UTM gimana ya Mas...

    BalasHapus
  8. Mas ,boleh minta formulanya untuk menherjakan tugas saya...thx...

    BalasHapus
  9. Maaf mas, slowres
    Konversi UTM dapat dengan perangkat lunak spreadsheet. Namun seringkali kesalahan ada pada asumsi "1 derajat berapa meter", karena tidak akan pernah ada konstanta tersebut.

    Kalau saya menyarankan konversi dengan software GIS langsung. Plot XY menjadi point dan lakukan konversi koordinat.

    Namun jika ingin pakai MS Excel, dapat digunakan template MS Excel yang benar. Silakan gunakan template berikut:
    https://geogeek.xyz/wp-content/uploads/2017/08/coordinate_converter.xlsx

    BalasHapus
  10. Formula ada di FILE EXCEL yang LINK downloadnya sudah sy sediakan di artikel

    BalasHapus
  11. Rahadian 'Ogeb' Noor18 Februari 2019 01.29

    TERIMA KASIH, BANG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    SEMOGA JADI AMAL IBADAH.....................

    BalasHapus

Nama

Data,56,Geospasial,176,GIS,126,Pustaka,20,RS,125,Software,35,Tutorial,73,
ltr
item
RSGIS INDONESIA: Modifikasi Nilai Derajat, Menit dan Detik pada MS Excel
Modifikasi Nilai Derajat, Menit dan Detik pada MS Excel
https://4.bp.blogspot.com/-n4sRfLZ4wuA/XI3pg394XEI/AAAAAAABwOU/a9iXYyjJ-v8EXbpzyaxZGFu94ymawSTfwCEwYBhgL/s640/modifikasi-dms-excel2.png
https://4.bp.blogspot.com/-n4sRfLZ4wuA/XI3pg394XEI/AAAAAAABwOU/a9iXYyjJ-v8EXbpzyaxZGFu94ymawSTfwCEwYBhgL/s72-c/modifikasi-dms-excel2.png
RSGIS INDONESIA
https://www.rsgis.info/2015/05/modifikasi-nilai-derajat-menit.html
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/2015/05/modifikasi-nilai-derajat-menit.html
true
3008467515520484700
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy