Pages

Blog remote sensing, penginderaan jauh, rsgis, gis, sig, arcgis, qgis, geographic information system, data spasial, geospasial Indonesia

About

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RECENT$type=list-tab$date=0$au=0$c=4

REPLIES$type=list-tab$com=0$c=4$src=recent-comments

RANDOM$type=list-tab$date=0$au=0$c=4$src=random-posts

Search

$type=slider$snippet=hide$cate=0

Footer Logo

Footer Logo

$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

LATEST POSTS$type=blogging$count=13$page=true$va=0

You are here: Home / , Menambahkan Background Citra pada ArcMap

Menambahkan Background Citra pada ArcMap

| 2 Comments

Bekerja dengan ArcMap akan sangat terbantu dengan keberadaan background berupa citra resolusi tinggi yang selain dapat digunakan sebagai penambah wah project, juga dapat digunakan sebagai pembanding/referensi dari data yang digunakan. Citra Googlemap/earth seringkali menjadi pilihan utama. Namun secara native, ArcMap tidak menambahkan kapabilitas untuk menambahkan citra Googlemap/earth ke dalam project. Penggunaan ekstensi seperti Arcbrutile atau script tambahan tentu dapat membantu pengguna. Namun karena tidak merupakan support dari ESRI, seringkali timbul masalah. Ditambah ekstensi seperti Arcbrutile sudah tidak lagi support untuk menambahkan citra googlemap/earth lagi. Lantas pilihan download dulu citra googlemap/earth pun sering diambil sebagai solusi.

Sebelum bersusah payah menggunakan ekstensi 3rd party atau bahkan download citra googlemap/earth, alangkah baiknya gunakan saja fasilitas native dari ArcMap berupa penambahan basemap. Pada tanda panah kecil di sebelah tombol Add Data terdapat pilihan untuk menambahkan basemap (Add Basemap). Selanjutnya pilih tipe basemap Imagery.

Gambar 1. Menambahkan Basemap pada ArcMap

Jika pengguna melakukan zoom signifikan, otomatis ArcMap akan menampilkan citra satelit yang paling tinggi yang tersedia). Jika zoom out atau cakupan cukup luas, maka citra yang ditampilkan biasanya resolusi menengah seperti citra Landsat.

Gambar 2. Persil Tanah dan Background Basemap

Background ArcMap yang ditambahkan seperti pada langkah di atas bersumber kepada DigitalGlobe, GeoEye, Earthstar Geographics, CNES/Airbus DS, USDA, USGS, AEX, Getmapping, Aerogrid, IGN, IGP, swisstopo, and the GIS User Community dan Esri sendiri. DigitalGlobe dan GeoEye adalah dua vendor yang citranya banyak digunakan pada citra googleearth/map.

/have fun