$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

Meningkatkan Produktivitas ArcMap

Pengguna perangkat GIS seperti ArcMap seringkali mengabaikan faktor produktivitas, mungkin termasuk penulis sendiri.  Seringkali pekerjaa...


Pengguna perangkat GIS seperti ArcMap seringkali mengabaikan faktor produktivitas, mungkin termasuk penulis sendiri.  Seringkali pekerjaan rutin selalu dilakukan berulang-ulang. Memang mengasyikan membuat sesuati dari scratch. Namun ada kalanya waktu harus dipertimbangkan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan produktifitas penggunaan ArcMap

1. File Layer 

File layer (.LYR) adalah file yang dapat digunakan untuk menyimpan 'bagaimana data ditampilkan' pada ArcMap. File layer bukan data dan tidak berisi data sama sekali. File ini hanya memberitahu ArcMap lokasi data dan bagaimana data tersebut ditampilkan.  File layer ini memiliki fungsi yang sama seperti file algorithm (.ALG) pada software Ermapper.

Setelah pengguna berpeluh ria mengatur tampilan (symbology dan label) suatu data pada table of content (TOC) ArcMap, simpanlah ke dalam satu file layer pada lokasi yang sama dengan file data. Suatu saat perlu menambah data tersebut tinggal tambahkan file layer, jangan file data. Alhasil data sudah tampil seperti saat file layer dibuat.

File layer dapat juga digunakan untuk group layer. Sebagai contoh, pengguna menambahkan data dasar seperti jalan, sungai, pemukiman, garis pantai, titik tinggi dan kontur. Setelah semua diatur (symbology, label, dsb), kelompokan layer2 tersebut ke dalam satu grup di TOC dengan nama, misalnya, "topografi". Buat satu file layer untuk  group layer topografi tersebut.

2. Representation

Representation adalah symbology yang dilekatkan ke dalam data spasial. Secara default, pengaturan symbology yang kita lakukan hanya akan disimpan ke dalam project (MXD). Untuk melekatkan symbology ke data spasial, maka buat representation. Kapan pun data tersebut dibuka akan tampil dengan tampilan seperti saat representation dibuat. Fasilitas ini tersedia untuk tipe data geodatabase.

3. Bersihkan bidang kerja

ArcMap memiliki banyak sekali tool/fungsi. Sudah menjadi hal umum jika semua tool/fungsi seringkali diaktifkan atau ditampilkan pada bidang kerja. Sebagai akibatnya, waktu pencarian fungsi yang diinginkan pun semakin lama karena banyaknya pilihan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengaktifkan/menampilkan tool/fungsi yang diperlukan saja. Sebaiknya lakukan hal-hal berikut
  • Matikan ekstensi yang tidak digunakan; selain membebani PC, mengaktifkan ekstensi terlalu banyak juga akan menghasilkan kemungkinan error yang lebih besar
  • Matikan toolbar yang tidak digunakan; Sebagai contoh saat bekerja di data view matikan toolbar layout, saat tidak melakukan editing matikan toolbar editor, dsb.
  • Matikan layer yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan; Dalam project ArcMap ada banyak tahapan pekerjaan yang dilakukan. Semisal sedang digitasi, maka matikan seluruh layer yang tidak berhubungan. Bahkan kalau perlu layer2 yang tidak diperlukan lagi buang dari TOC

4. Kelompokan Tool

ArcToolbox seringkali menjadi lautan tool yang cukup membingungkan. Pengguna tahu ada tool yang harus digunakan di ArcToolbox, tetapi lokasinya tidak ingat. Kalaupun ingat, perlu beberapa KLIK untuk masuk ke sub-toolset. Menggunakan fasilitas pencarian tool adalah salah satu solusi, namun tetap membingungkan. Alangkah baiknya pengguna membuat toolbox baru dan simpan di folder ArcToolbox. Kemudian tool-tool yang seringkali digunakan dicopy ke toolbox tersebut. Waktu mencari-cari tool pun akan terpangkas secara signifikan.

5. Simpan grid koordinat

Setiap kali membuat layout selalu membuat grid koordinat? Luangkan waktu untuk membuat grid pada skala-skala abadi seperti 1:25rb, 1:50rb dan sebagainya dan simpan di Style. Waktu pembuatan grid akan terpangkas cukup banyak.

6. Style

Pengguna memiliki kelompok/group? Luangkan waktu bersama-sama untuk membuat style. Grid (Point 5) adalah salah satu bagian style. Symbologi point (marker), line dan polygon dibuat bersama-sama untuk digunakan bersama-sama. Sekali buat dapat digunakan selamanya, sepanjang juknis symbologi belum berubah.

7. Template

Jika sudah punya peta "bagus", simpan sebagai template.  Sebelumnya hilangkan dulu data-data yang tidak baku dan tinggalkan data-data dasar yang semua project memerlukan. Buat template project untuk setiap skala. Suatu saat perlu membuat project, tinggal pilih template maka project sudah katakanlah 80% selesai. Tinggal tambahkan data khusus dan modifikasi seperlunya.

8. Backup Layout

Layout yang sudah siap print harus dibackup sehingga suatu saat memerlukan lagi tinggal print. Yang paling efisien adalah dengan mengeskpor layout ke format PDF (vektor), jangan JPG/TIF dsb. Layout yang disimpan ke format PDF dapat diprint lagi kapan saja tanpa harus membuka kembali project ArcMap (MXD)

Melakukan hal-hal rutin dalam pembuatan project ArcMap memang mengasyikan. Namun pada situasi dan kondisi yang mengharuskan pekerjaan dilakukan dengan cepat alangkah baiknya pekerjaan tersebut dipersingkat. Terlebih saat si bos berdiri di samping anda.

/have fun

COMMENTS

Nama

Data,51,Geospasial,65,GIS,67,Pustaka,19,RS,19,Software,30,Tutorial,64,
ltr
item
RSGIS INDONESIA: Meningkatkan Produktivitas ArcMap
Meningkatkan Produktivitas ArcMap
https://3.bp.blogspot.com/-fhmratRpVhM/XIzwliFrbvI/AAAAAAABwGU/qx7vWGRHlsgBa-ZayRboJOpE2Sea8N93wCLcBGAs/s640/meningkatkan-produktivitas-arcmap.png
https://3.bp.blogspot.com/-fhmratRpVhM/XIzwliFrbvI/AAAAAAABwGU/qx7vWGRHlsgBa-ZayRboJOpE2Sea8N93wCLcBGAs/s72-c/meningkatkan-produktivitas-arcmap.png
RSGIS INDONESIA
https://www.rsgis.info/2016/03/meningkatkan-produktivitas-arcmap.html
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/2016/03/meningkatkan-produktivitas-arcmap.html
true
3008467515520484700
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy