Pages

Blog remote sensing, penginderaan jauh, rsgis, gis, sig, arcgis, qgis, geographic information system, data spasial, geospasial Indonesia

About

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RECENT$type=list-tab$date=0$au=0$c=4

REPLIES$type=list-tab$com=0$c=4$src=recent-comments

RANDOM$type=list-tab$date=0$au=0$c=4$src=random-posts

Search

$type=slider$snippet=hide$cate=0

Footer Logo

Footer Logo

$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

LATEST POSTS$type=blogging$count=13$page=true$va=0

You are here: Home / SAGA; Software Analisis Geospasial yang Mumpuni

SAGA; Software Analisis Geospasial yang Mumpuni

| No comment

System for Automated Geoscientific Analyses (SAGA) adalah software free and open source (FOSS) yang ditujukan untuk melakukan analisis geospasial. Sofware ini banyak digunakan untuk kepentingan riset atau studi.

Apa saja tool yang ada di dalam SAGA? Banyak sekali tool yang disematkan di dalam software iniyang semuanya ditujukan untuk analisis. Seperti tool-tool untuk analisis iklim, analisis grid, klasifikasi image, segmentasi, proyeksi, simulasi hidrologi, analisis topografi, geostatistik, dan lain sebagainya. Silakan lihat referensi tool yang terdapat pada SAGA ver 2.3 di SINI

Gambar 1. Salah satu tampilan SAGA

Sepertihalnya software lain seperti GRASS, SAGA juga dapat ditambahkan ke dalam QGIS untuk dikombinasikan dengan software GIS. Kombinasi ini sering dilakukan karena software QGIS adalah software GIS yang paling user-friendly dan baik untuk GIS. SAGA dapat memberikan kapabilitas analisis yang lebih baik daripada QGIS.

Gambar 2. Tool-tool SAGA di dalam QGIS

Keunikan lain dari software SAGA adalah jika kita menggunakan OS Windows, kita tidak perlu melakukan instalasi. Cukup download software dan jalankan. Cukup menarik bukan?

Pengguna dapat mengunjungi website SAGA GIS pada www.saga-gis.org