$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

Membersihkan Sampah Polygon

Tahapan tugas RSGISer yang sering dilupakan adalah bersih-bersih sebelum mendistribusikan data. Jika output project berupa file/peta buka...


Tahapan tugas RSGISer yang sering dilupakan adalah bersih-bersih sebelum mendistribusikan data. Jika output project berupa file/peta bukan berarti pekerjaan selesai. Masih ada satu tahapan lagi yaitu bersih-bersih. Salah satu sampah yang sering lupa dibersihkan adalah sampah polygon.

Apa itu sampah polygon? Istilah tersebut saya berikan bagi fitur-fitur polygon hasil analisis tetapi tidak diharapkan ataupun tidak sesuai dengan skala output. Secara prosedural, teknis dan sain, sampah polygon dapat saja valid, tetapi data-data tersebut tidak logis dan membuat kita mengerenyitkan dahi dan berucap, "kok fitur ini aneh ya, harusnya gak begini". Milsanya ada fitur polygon yang luasanya 1 meter persegi pada keluaran skala 1: 50.000, polygon yang memanjang dan sempit, serta polygon yang overlap dengan polygon tetangga.

Terdapat tiga aturan topology utama untuk data polygon tunggal tanpa memperhatikan data lainnya, yaitu (1) harus lebih besar dari luas minimum, (2) tidak boleh overlap, dan (3) tidak boleh memiliki gap/sliver. Tentu saja aturan topology lain banyak, tetapi karena aturan lainnya cukup spesifik maka tidak dibahas pada posting ini.

1. Luasan Remah

Kegiatan analisis data vektor memiliki kemungkinan besar menghasilkan vektor-vektor remah yang luasannya tidak signifikan. Saking remahnya terkadang banyak polygon yang luasanya ditampilkan nol di dalam tabel. Sebagai contoh untuk data yang akan ditampilkan pada skala 1:250.000 saya memilih resolusi minimum 100 m x 100 m = 1 ha. Dengan demikian polygon dengan luas < 10.000 m2 adalah sampah polygon.

Mengidentifikasi luas remah dapat dilakukan dengan menghitung luas polygon dan mengurutkannya secara ascending (yg kecil di atas). Selanjutnya lakukan selection untuk menghitung berapa jumlah polygon yang remah tersebut seperti pada gambar berikut.

Gb 1. Luas remeh (<= 1 ha) berjumlah 21 ribu polygon.[/caption]

Tampak pada Gambar 1 bahwa terdapat banyak sekali polygon remah yang memiliki luas lebih kecil dari threshold 1 ha. Polygon dengan luasan remeh tersebut harus dihilangkan sebelum data spasial dipublikasikan.

Memperbaiki polygon remeh dapat dilakukan secara manual, satu per satu polygon remeh dipilih dan di-MERGE ke polygon di sebelahnya. Cara manual ini sangat baik karena pengguna dapat melakukan supervisi dan dapat memutuskan sesuai dengan situasi setiap polygon. Namun jika jumlah gap ribuan, cara manual tidak efisien. Pengguna dapat menggunakan Check Topology ataupun Eliminate yang dapat digunakan untuk secara otomatis menggabungkan polygon remah ke polygon tetangga. Kriteria polygon tetangga yang dipilih, yaitu (1) polygon tetangga yang memiliki luasan terbesar, atau (2) polygon tetangga yang memiliki persekutuan batas paling panjang dengan polygon remah.

2. Gap/Void

Gap/sliver adalah areal kosong yang berada di dalam polygon. Gap dapat diidentifikasi secara manual dengan melihat apakah ada ruang-ruang kosong antar polygon atau tidak. Pengguna dapat melakukan editing dan me-MERGE seluruh polygon untuk melihat apakah ada GAP atau tidak seperti pada gambar berikut.
Gb 2. Identifikasi gap dengan melakukan merge semua polygon

Jika jumlah gap sedikit, pengguna dapat melakukan review ke gap yang teridentifikasi dan segera melakukan perbaikan. Gap dapat diisi dengan dengan autocomplete polygon dan selanjutnya digabungkan ke polygon sebelahnya. Identifikasi dan perbaikan gap secara manual ini lebih baik dibandingkan dengan cara otomatis. Namun jika jumlah gap ribuan, cara manual tidak efisien. Pengguna dapat menggunakan Check Topology dan data review. Pada Check Topology, pengguna dapat mengisi seluruh gap dengan fitur baru yang selanjutnya digabungkan ke polygon tetangga.

3. Overlap

Overlap adalah kondisi dua polygon atau lebih yang sebagiannya memiliki liputan yang sama. Untuk mengidentifikasi adanya overlap atau tidak dapat dilakukan dengan melakukan penggabungan (merge) seluruh polygon dan selanjutnya luasan hasil penggabungan dibandingkan dengan luasan sebelum digabung. Jika luasan setelah digabung lebih kecil daripada sebelum digabung, maka pada layer polygon terdapat overlap.

Mengidentifikasi di lokasi mana saja terdapat overlap sangat sulit dilakukan secara manual. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan (1) cek topologi atau (2) data review.

Pemeriksaan data sebelum diserahkan/distribusi ke pihak lain harus dilakukan. Banyak sekali faktor yang dapat menimbulkan sampah polygon. Meskipun pengguna sangat profesional dan hati-hati dalam melakukan analisis, tetap harus dilakukan review pada bagian akhir kegiatan.

/have fun

COMMENTS

Nama

Data,56,Geospasial,185,GIS,134,Pustaka,20,RS,134,Software,36,Tutorial,74,
ltr
item
RSGIS INDONESIA: Membersihkan Sampah Polygon
Membersihkan Sampah Polygon
https://2.bp.blogspot.com/-nLonP52MQSc/XJJb6LOjKzI/AAAAAAABwa4/Q2OtNRPhxs8ijYnf8_NatYvRwFVP8J_pACPcBGAYYCw/s640/polygon.png
https://2.bp.blogspot.com/-nLonP52MQSc/XJJb6LOjKzI/AAAAAAABwa4/Q2OtNRPhxs8ijYnf8_NatYvRwFVP8J_pACPcBGAYYCw/s72-c/polygon.png
RSGIS INDONESIA
https://www.rsgis.info/2019/02/membersihkan-sampah-polygon_12.html
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/2019/02/membersihkan-sampah-polygon_12.html
true
3008467515520484700
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy