$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

Konversi TM3 ke Geografis

Sistem Koordinat TM3 biasa digunakan oleh BPN untuk pengukuran tanah. Penggunaan sistem koordinat ini banyak pada peta-peta kadastral/hgu...


Sistem Koordinat TM3 biasa digunakan oleh BPN untuk pengukuran tanah. Penggunaan sistem koordinat ini banyak pada peta-peta kadastral/hgu perkebunan. Untuk memahami TM3 dapat dimulai dari UTM karena TM3 merupakan pengembangan lebih lanjut khusus di Indonesia.

Perbedaan/Persamaan TM3 dan UTM adalah sebagai berikut.

  • TM3 memiliki lebar zona 3 Derajat, sedangkan di UTM satu zona memiliki lebar 6 Derajat.
  • Satu Zona UTM dibagi menjadi dua zona TM3. MisalnyaUTM Zona 50 dibagi menjadi TM3 Zona 50.1 dan TM3 Zona 50.2
  • Proyeksi TM3 dan UTM sama-sama menggunakan Transverse Mercator
  • False Easting setiap zona di TM3 adalah 200000, sedangkan di UTM adalah 500000
  • False Northing setiap zona di TM3 adalah 1500000, sedangkan di UTM adalah 10000000
  • Central meridian di TM3 berbeda dengan UTM. Tetapi prinsipnya sama. Zona-zona UTM dibagia dua, meridian di setiap zona yang dibagi dua tersebut otomatis menjadi Central meridian
  • Scale Factor di TM3 adalah 0,9999 sedangkan di UTM adalah 0,9996
  • Latitude of Origin sama yaitu 0 (nol) derajat
Meskipun dari perbedaan TM3 dan UTM di atas dapat dilihat bahwa TM3 memberikan ketelitian yang lebih baik, misalnya dengan membatasi lebar zona hanya 3 derajat serta penyederhanaan dengan menghilangkan notasi U dan S. Namun, TM3 tetap memiliki kekurangan, yaitu tidak digunakannya sistem proyeksi ini secara global. Berbeda dengan sistem koordinat geografis atau UTM yang telah secara luas digunakan dalam berbagai data seperti citra satelit, GPS dan sebagainya. Perangkat pun banyak sekali mendukung dua sistem proyeksi tersebut, namun yang mendukung TM3 sangat terbatas. Selain itu dalam penggunaan di sektor lain selain sektor pertanahan, TM3 hampir tidak digunakan.

Oleh karena kekurangan tersebut di atas, pengguna sering membutuhkan untuk mengonversi TM3 ke UTM atau sistem koordinat geografis. Berikut adalah beberapa alteratif cara konversi TM3 ke UTM yang dapat digunakan oleh pengguna.

1. Konversi menggunakan software GIS

Cara ini adalah yang paling penulis rekomendasikan karena perhitungan yang cukup rumit dan kompleks seringkali memerlukan algorithma yang jelimet. Jika dilakukan oleh software GIS akan dengan sangat mudah dilakukan hampir tidak memiliki keterbatasan komputasi. Berbeda jika algorithma dijalankan dengan kalkulator atau hitung manual yang seringkali menggunakan pendekatan/pembulatan yang berlebihan sehingga mengurangi ketelitian hasil konversi.

Pengguna dapat menggunakan ArcGIS, QGIS, Globalmapper. Untuk pengguna ArcGIS, tahapan-tahapan sebagai berikut.
- Buat Data Frame kosong set data frame ke TM3 (lihat Gambar 1)
- Plot sistem koordinat menjadi point
- Ubah proyeksi point menjadi sistem koordinat Geografis (GCS) dengan toolbox PROJECT
- Tambahkan nilai X dan Y dalam GCS ke dalam Tabel
- Ekspor tabel ke dalam file TXT/DBF/CSV/XLS untuk mendapatkan daftar koordinat dalam GCS

Gambar 1. Proyeksi TM-3 pada ArcGIS, Projected Coordinate Systems > National Grids > Indonesia > DGN 1995 Indonesia TM-3 Zone 46 2

Tutorial konversi TM3 ke GCS menggunakan ArcMAP dapat dilihat pada video yang dipublikasikan oleh akun GEO 2004 pada youtube berikut.




Jika ingin menggunakan GlobalMapper, pada TULISAN INI berikut telah membahas cara konversi koordinat TM3 ke UTM, yang tentu saja dengan cara yang sama dengan sedikit penyesuaian dapat dilakukan untuk mengonversi TM3 ke GCS.

2. Konversi menggunakan software khusus

Perangkat lunak khusus untuk konversi koordinat telah banyak tersedia, baik untuk Desktop maupun smartphone. Untuk desktop, dapat digunakan software Transkoord yang dikembangkan oleh BIG (Bakosurtanal) yang tersedia secara gratis. Software tersebut mendukung sistem koordinat TM3 sehingga dapat dilakukan konversi dari TM3 ke GCS dengan mudah.

Sebagai contoh Tugu Persatuan MTQ di Kota Kendari memiliki koordinat TM3 312.971 MT dan 1.060.364 MU yang berada pada zona TM3 50.1 dengan datum WGS 1984. Pada Transkoord dapat dilakukan konversi seperti pada gambar berikut.



Bagi RSGISer yang antusias (geek) tentu seringkali penggunaan software GIS ataupun software khusus dianggap kurang memuaskan. Sebagai alternatifnya dapat menghitung secara manual atau dengan sedikit bantuan MS Excel.

/have fun

COMMENTS

Nama

Data,56,Geospasial,140,GIS,92,Pustaka,20,RS,89,Software,31,Tutorial,69,
ltr
item
RSGIS INDONESIA: Konversi TM3 ke Geografis
Konversi TM3 ke Geografis
https://3.bp.blogspot.com/-xFFcbX-Q2RU/XKCMK4n4UuI/AAAAAAAB0hg/apn2BQjTrTIbqbl0_bkYZYetUX_pkYZfwCLcBGAs/s640/coordtrans%2Bprojection%2Bchange1.gif
https://3.bp.blogspot.com/-xFFcbX-Q2RU/XKCMK4n4UuI/AAAAAAAB0hg/apn2BQjTrTIbqbl0_bkYZYetUX_pkYZfwCLcBGAs/s72-c/coordtrans%2Bprojection%2Bchange1.gif
RSGIS INDONESIA
https://www.rsgis.info/2019/03/konversi-tm3-ke-geografis.html
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/2019/03/konversi-tm3-ke-geografis.html
true
3008467515520484700
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy