$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

Mencari Referensi RSGIS

Pengguna RSGIS akan sangat berkaitan dengan referensi dalam melakukan penelitian, kajian ataupun operasional GIS. Hal ini sangat wajar me...


Pengguna RSGIS akan sangat berkaitan dengan referensi dalam melakukan penelitian, kajian ataupun operasional GIS. Hal ini sangat wajar mengingat bahwa dalam melaksanakan apa pun seharusnya didasarkan kepada referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. Perlu diingat bahwa building block remote sensing dan GIS sangat besar dan sangat tidak mungkin dikuasai seluruhnya oleh beberapa orang saja (elit). Referensi RSGIS dapat berupa paparan, paper, buku ataupun bentuk-bentuk referensi lainnya.

Sumber-sumber referensi yang dapat digunakan oleh praktisi RSGISer antara lain sebagai berikut.

1. Journal Berbayar

Journal berbayar journal yang dipublikasikan oleh penerbit yang harus dibeli oleh pembaca. Kelompok journal berbayar dipublikasikan oleh penerbit ternama seperti Springer, Science Direct, Elsevier, Plos ONE, IEEE, John Wiley & Sons, dan sebagainya. Pengguna dapat mengakses journal berbayar dengan berdasarkan pada

  • Per download; pengguna membayar setiap mendownload paper
  • Membership; pengguna membayar biaya anggota yang dapat mendownload paper sebanyak yang diperbolehkan pada kategori membership masing-masing
  • Akses yang dimiliki oleh institusi (dibeli oleh lembaga)
Kita dapat saja mencari akses akun dari journal-journal berbayar tersebut dari website gelap dan deepweb. Tetapi penulis sangat tidak menyarankan untuk menggunakan akses yang dishare secara tidak sah. Lebih baik 'meminjam' akses teman yang institusinya memiliki akses ke penerbit berbayar tersebut, misalnya dengan meminta tolong kepada teman yang sedang kuliah di perguruan tinggi yang kebetulan memiliki akses ke journal berbayar.

2. Journal Akses Terbuka (open access journal)

Open access journal adalah journal yang tidak memerlukan biaya atau akses tertentu untuk dapat mendapatkan paper, atau gratis. Terdengar manis bukan kata gratis itu?

Banyak kritik terhadap journal akses terbuka yang sering diasosiasikan sebagai predatory journal. Namun banyak sekali journal yang meskipun bersifat terbuka tetapi sangat berkualitas. Bahkan beberapa penerbit berbayar seperti telah disebutkan pada butir 1 juga menyediakan versi open access seperti SpringerOpne, Elsevier, PlosOne, dan sebagainya. Sehingga menurut penulis tidak perlu khawatir menggunakan referensi dari journal akses terbuka asalkan tetap mengedepankan penilaian yang objektif terhadap referensi yang kita gunakan tersebut.

Beberapa website menyediakan akses direktori ke journal akses terbuka yang dapat digunakan oleh pengguna sebagai entry point untuk melakukan pencarian paper. Penyedia yang paling populer adalah Directory of Open Access Journals (DOAJ). Database publisher, journal dan paper yang open access sangat lengkap bahkan hingga paper berbahasa indonesia.

3. Lembaga Resmi

Lembaga resmi baik dalam maupun luar negeri banyak menyediakan buku, panduan, makalah atau bahkan paper yang dapat diunduh secara bebas. Pada website Badan Informasi Geospasial, sebagai contoh, banyak sekali referensi yang sangat berkualitas yang dapat diunduh secara bebas. Website seperti NASA, ESRI, dan sebagainya pun tidak ketinggalan menyediakan referensi-referensi yang sangat bagus untuk digunakan.

4. PDF/PPT Sharing

Terdapat banyak web penyedia sharing yang dapat digunakan oleh pengguna bebas untuk berbagi file PDF/PPT atau bahkan file lainnya. Sebut saja SCRIBD, Slideshare, dan sebagainya. Pengguna internet yang melakukan pencarian file-file PDF seringkali terdampar di web penyedia PDF/PPT sharing tersebut.

PDF/PPT sharing kadang dapat tersedia juga pada sosial media keilmuan seperti LinkedIn, Academia, Researchgate. Beberapa author yang memposting PDF karyanya di sosial media tersebut dapat kita request untuk berbagi PDF.

5. Forum/web Bajakan

Meskipun sangat tidak disarankan, penulis tetap memasukan kategori forum/web bajakan. Forum atau web bajakan dapat menyediakan akses ataupun file PDF dari buku/paper. 

Web penyedia PDF yang sering digunakan misalnya Bookfi, Booksc, dan sejenisnya. Dulu pernah ada web penyedia buku PDF berkualitas yaitu gigapedia yang sekarang sudah tidak dapat diakses lagi. Forum penyedia referensi RSGIS misalnya GISarea yang seingat penulis dulu record whois nya dulu dimiliki oleh orang Indonesia.

6. Googling

Kategori terakhir adalah melakukan pencarian dengan mesin pencari, misalnya google. Pengguna google yang sudah mahir tentu tahu bagaimana melakukan pencarian yang dispesifikasikan untuk mendapatkan file referensi, baik menggunakan string tipe file ataupun dengan keyword-keyword tertentu. Contoh pencarian yang dapat digunakan seperti BERIKUT.

Sebanyak apa pun referensi akan tidak berguna jika tidak dibaca. Oleh karena itu penulis sangat menyarankan agar pengguna tidak mencari/download referensi sebanyak-banyaknya karena akan mengakibatkan malas untuk membacanya. Cari referensi dalam jumlah kecil, misalnya 10 buah, dan bacalah hingga mengerti. Membaca referensi dalam jumlah sedikit tersebut akan sangat menentukan pencarian referensi berikutnya sehingga memprebaiki cara pencarian. Jika kita mendownload referensi dalam jumlah banyak, misal 100 buah, maka kita akan malas untuk membacanya.

/have fun

COMMENTS

Nama

Data,56,Geospasial,147,GIS,98,Pustaka,20,RS,96,Software,31,Tutorial,69,
ltr
item
RSGIS INDONESIA: Mencari Referensi RSGIS
Mencari Referensi RSGIS
https://2.bp.blogspot.com/-Pp-txuarEQw/XJ5NUUgJLeI/AAAAAAAB0g0/HY-fEk6nfYgC5vgfHRvKzPXeKnpR_iQVACEwYBhgL/s640/gis-books.png
https://2.bp.blogspot.com/-Pp-txuarEQw/XJ5NUUgJLeI/AAAAAAAB0g0/HY-fEk6nfYgC5vgfHRvKzPXeKnpR_iQVACEwYBhgL/s72-c/gis-books.png
RSGIS INDONESIA
https://www.rsgis.info/2019/03/mencari-referensi-rsgis.html
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/2019/03/mencari-referensi-rsgis.html
true
3008467515520484700
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy