$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

Menyesuaikan Luas Polygon Tak Beraturan

Tanya: "Saya membuat polygon tak beraturan, setelah dihitung luasnya yaitu  105,45 Ha. Bagaimana caranya supaya polygon tersebut bisa m...

Tanya: "Saya membuat polygon tak beraturan, setelah dihitung luasnya yaitu 105,45 Ha. Bagaimana caranya supaya polygon tersebut bisa menjadi luas 100,00 Ha? Terima kasih atas penjelasannya" - Made (dexu867@gmail.com)

Jawab:

Terdapat beberapa alternatif solusi yang bisa dicoba. Dari semua alternatif itu tidak ada yang instan ampuh, karena tergantung kepada tujuan dan penggunaanya. Berikut beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk memodifikasi luas dengan menggunakan software ArcGIS (ArcMap)

1. Menggunakan rasionalisasi luas

Rasionalisasi luas dilakukan pada data polygon yang terdiri dari beberapa fitur. Sudah menjadi praktik yang lumrah jika luas data tidak pernah sama dengan luasan resmi (luas SK). Jika misalnya luasan resmi adalah 100 Ha, sedangkan luas data adalah 105,45 maka lakukan rasionalisasi luasan. Hasil analisis yang jika dijumlahkan menjadi 105,45 Ha dirasionalisasi menjadi 100 Ha saja. Cara ini biasa dilakukan pada software spreadsheet dengan rumus seperti pada Gambar berikut.



Untuk data polygon yang hanya terdiri dari satu polygon, rasionalisasi ini tentu hanya dilakukan dengan menjadikan luas rasionalisasi sama dengan luas target. Misalnya luas data 105,45 Ha langsung saja di laporan/layout disebutkan 100 Ha.

2. Menggunakan buffer terhadap polygon

Buffer dapat digunakan untuk menambah dan mengurangi data luas polygon. Arah buffer bisa ke dalam (mengurangi) atau ke luar (menambah). Polygon buffer yang dihasilkan selanjutnya digunakan untuk erase (mengurangi) atau merge (menambah) ke polygon sumber. Cara ini tentu harus iteratif atau trial and error. Misalnya gunakan buffer 1 meter, jika luasan hasil (setelah pengurangan) lebih kecil dari 105,45 maka berarti buffer yang dilakukan terlalu besar. Lakukan lagi buffer dengan 0.8 meter, begitu seterusnya.


Tool buffer dapat ditemukan di menu Geoprocessing > Buffer atau di dalam ArcToolbox.

3. Stretch Proportionately pada Edit Vertices

Stretch proportionately dapat digunakan untuk memperbesar/memperkecil satu polygon terpilih dengan tetap menjaga konsistensi bentuk polygon. Stretch hanya mengubah ukuran dan rotasi dari fitur polygon terpilih. Tool yang terdapat pada toolbar Edit Vertices ini hanya dapat digunakan untuk satu polygon terpilih saja, tidak dapat digunakan untuk keseluruhan polygon yang memiliki beberapa fitur.



4. Menggunakan scaling

Scaling serupa dengan stretch proportionately yaitu mengubah (memperbesar/memperkecil) ukuran polygon dan dan mempertahankan bentuk. Perbedaanya adalah bahwa scaling tetap mempertahankan rotasi, menggunakan titik tengah polygon (atau kumpulan polygon) terpilih sebagai anchor serta dapat digunakan pada lebih dari satu polygon.


Tool scaling secara default tidak tersedia di toolbar ArcGIS. Pengguna harus menambahkan tool tersebut secara manual ke dalam salah satu toolbar. Belum bisa menambahkan tool ke toolbar? silakan komen.

5. Menggunakan parcel editor

Parcel editor dapat digunakan untuk memodifikasi polygon sedemikian hingga luasan yang dihasilkan dapat tepat sesuai yang diinginkan. Pembahasan mengenai parcel editor.

6. Menggunakan spatial adjustment

Prinsip kerja spatial adjustment serupa dengan Rektifikasi (image georeference), namun diterapkan pada data vektor. Tool ini sangat bagus digunakan untuk menyesuaikan bentuk polygon dan dapat juga digunakan untuk menyesuaikan luas. Posisi setiap vertek digeser sesuai dengan kaidah transformasi/proyeksi yang benar. Namun jika tujuannya hanya untuk menyesuaikan luas (tidak terlalu konsen terhadap posisi akhir setiap vertex), maka tool ini overkill. Lebih baik gunakan cara lain yang lebih sederhana.



Cara-cara di atas tidak ada yang lebih unggul satu dari yang lain. Pemilihan penggunaan sangat tergantung kepada tujuan dan kebiasaan pengguna.

/have fun

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Selamat malam, menambahkan tool scaling bagaimana caranya Pak? Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Maaf baru lihat. Untuk menambahkan tool scaling dapat dilakukan dengan langkah berikut.
    - Buka menu Customize > Customize Mode
    - Pilih tab COMMANDS
    - Cari di kategori EDITOR
    - Pilih tool SCALE
    - Drag-n-drop tool tersebut ke salah satu toolbar apa saja dan lepaskan di sela-sela tool yang sudah ada

    Lihat gambarnya seperti pada link ini
    https://snag.gy/0WUxls.jpg

    BalasHapus

Nama

Data,51,Geospasial,66,GIS,67,Pustaka,19,RS,20,Software,30,Tutorial,64,
ltr
item
RSGIS INDONESIA: Menyesuaikan Luas Polygon Tak Beraturan
Menyesuaikan Luas Polygon Tak Beraturan
https://3.bp.blogspot.com/-TkCN0PysSgI/XIuiceYcmEI/AAAAAAABv-0/ybZsgASRSows4ZUTH5aN4L_LWSjHvAdAACEwYBhgL/s1600/penyesuaian_luas02.png
https://3.bp.blogspot.com/-TkCN0PysSgI/XIuiceYcmEI/AAAAAAABv-0/ybZsgASRSows4ZUTH5aN4L_LWSjHvAdAACEwYBhgL/s72-c/penyesuaian_luas02.png
RSGIS INDONESIA
https://www.rsgis.info/2019/03/menyesuaikan-luas-polygon-tak-beraturan.html
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/2019/03/menyesuaikan-luas-polygon-tak-beraturan.html
true
3008467515520484700
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy