Pages

Blog remote sensing, penginderaan jauh, rsgis, gis, sig, arcgis, qgis, geographic information system, data spasial, geospasial Indonesia

About

Blog Archive

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RECENT$type=list-tab$date=0$au=0$c=4

REPLIES$type=list-tab$com=0$c=4$src=recent-comments

RANDOM$type=list-tab$date=0$au=0$c=4$src=random-posts

Search

$type=slider$snippet=hide$cate=0

Footer Logo

Footer Logo

$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

LATEST POSTS$type=blogging$count=13$page=true$va=0

You are here: Home / , , Aplikasi Penginderaan Jauh dan SIG dalam Mengkaji Perubahan Luas Hutan [PAPER]

Aplikasi Penginderaan Jauh dan SIG dalam Mengkaji Perubahan Luas Hutan [PAPER]

| No comment

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memetakan perubahan luas hutan di Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2000-2010, (2) Mengetahui perubahan luas hutan di Kabupaten Kuantan Singingi dalam 10 tahun terakhir (2000-2010), dan(3) Mengetahui arah perubahan (konversi) hutan yang terjadi di Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2000-2010.

Penelitian dilakukan di Kabupaten Kuantan Singingi Parovinsi Riau. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah hutan di Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi dokumenter, interpretasi, kerja lapangan, dan analisis. Metode klasifikasi yang digunakan dalam menginterpretasi citra adalah metode interpretasi visual dengan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah (1) Peta luas hutan tahun 2000 dan 2010 serta peta perubahan luas hutan tahun 2000-2010 dengan tingkat keakuratan data 76,19%. (2) Perubahan luas hutan yang terjadi di Kabupaen Kuantan Singingi adalah 861,08 Km2 dengan kecamatan yang mengalami perubahan luas hutan yang paling besar adalah Kecamatan Kuantan Mudik yaitu 24,44%, dan kecamatan yang mengalami perubahan luas hutan yang paling sedikit adalah Kecamatan Gunung Toar yaitu 0,299% dari seluruh perubahan luas hutan yang terjadi di Kabupaten Kuantan Singingi. (3) Perubahan (konversi) hutan yang terbesar adalah ke lahan perkebunan rakyat yaitu 89,78% dari seluruh jumlah perubahan luas hutan yang terjadi di Kabupaten Kuantan Singingi dengan jenis hutan yang paling besar terkonversi adalah jenis hutan produksi.

Kata Kunci : Penginderaan jauh, SIG, Perubahan Luas Hutan

DOWNLOAD PAPER