Pages

Blog remote sensing, penginderaan jauh, rsgis, gis, sig, arcgis, qgis, geographic information system, data spasial, geospasial Indonesia

About

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RECENT$type=list-tab$date=0$au=0$c=4

REPLIES$type=list-tab$com=0$c=4$src=recent-comments

RANDOM$type=list-tab$date=0$au=0$c=4$src=random-posts

Search

$type=slider$snippet=hide$cate=0

Footer Logo

Footer Logo

$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

LATEST POSTS$type=blogging$count=13$page=true$va=0

You are here: Home / Modul Penggunaan QGIS untuk Kehutanan

Modul Penggunaan QGIS untuk Kehutanan

| No comment


QGIS merupakan perangkat lunak GIS opensource yang paling dikenal, selain tentunya software proprietary seperti ArcGIS, MapInfo atau Autocad. qgis.org menyediakan modul-modul yang sangat berguna untuk belajar lebih lanjut penggunaan QGIS dalam berbagai penggunaan. 

Khusus untuk forester (rimbawan) telah disediakan modul khusus yaitu modul Forestry Application yang pembuatanyya didukung oleh Uni Eropa. Modul ini membahas beberapa topik umum penerapan GIS menggunakan QGIS dalam dunia kehutanan.

Beberapa bahasan yang disajikan diantaranya adalah melakukan georeferensi peta scan, digitasi, update data tegakan hutan, desain sampling sistematis, membuat desain map dengan Atlas Tool,  menghitung parameter-parameter tegakan, dan penyajian peta.



Penulis menilai bahwa modul QGIS Forestry Application ini cukup lengkap sebagai pengantar awal untuk memperkenalkan penggunaan QGIS untuk pemula ataupun yang sudah mahir tetapi baru bermigrasi ke QGIS. Modul tersebut dapat dibuka secara bebas pada link berikut

Have fun