Pages

Blog remote sensing, penginderaan jauh, rsgis, gis, sig, arcgis, qgis, geographic information system, data spasial, geospasial Indonesia

About

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RECENT$type=list-tab$date=0$au=0$c=4

REPLIES$type=list-tab$com=0$c=4$src=recent-comments

RANDOM$type=list-tab$date=0$au=0$c=4$src=random-posts

Search

$type=slider$snippet=hide$cate=0

Footer Logo

Footer Logo

$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

LATEST POSTS$type=blogging$count=13$page=true$va=0

You are here: Home / , Tutorial WEBGIS Menggunakan Leaflet JS [VIDEO]

Tutorial WEBGIS Menggunakan Leaflet JS [VIDEO]

| No comment
App webGIS tidak saja dapat dikembangkan dengan membangun GIS Server sendiri (ArcGIS Server, MapServer, GeoServer, dsb) tetapi dapat juga dengan skema yang lebih sederhana dengan menggunakan Web Maps API. ESRI, Google, dan Bing adalah beberapa nama perusahaan besar yang menyediakan API untuk dipergunakan oleh pengembang dengan spesifikasi dan syarat yang berbeda-beda. Pada dunia open source terdapat OpenLayer dan Leaflet. 

Membuat WebGIS menggunakan Leaflet relatif sederhana karena struktur modul yang lebih rapi dengan jumlah kode sekitar 7 ribu baris dibandingkan dengan open layer yang 230 ribu baris. Data yang didukung relatif sedikit yaitu format GeoJSON dan beberapa format lain menggunakan plugin seperti KML, CSV, WKT, TopoJSON, GPX, WMS dan MFS.

Beberapa video yang diunggah oleh akun Youtube BagusGIS menyajikan beberapa tutorial untuk membuat WebGIS dengan Leaflet yang terbagi ke dalam beberapa video. Video tutorial disertai dengan narasi (suara) yang memandu dan menjelaskan tahapan yang sedang dilakukan terutama dalam melakukan editing file HTML yang dikombinasikan dengan JS dari Leaflet.


Video 1


Video 2



Video 3



Video 4