$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

Mendapatkan Lisensi Trial ArcGIS (ArcGIS Pro)

Lisensi trial menjadi pilihan bagi pengguna ArcGIS Pro yang minim budget atau sekadar untuk mencoba fitur-fitur ArcGIS Pro sebelum benar-...


Lisensi trial menjadi pilihan bagi pengguna ArcGIS Pro yang minim budget atau sekadar untuk mencoba fitur-fitur ArcGIS Pro sebelum benar-benar membeli lisensinya. Secara resmi ESRI memberikan waktu trial 21 (dua puluh satu) hari bagi pendaftar menggunakan organisasi sendiri, dan waktu trial hingga 9 bulan kepada pendaftar di Learn ArcGIS.

Berikut adalah cara mendapatkan lisensi ArcGIS Pro versi trial dengan contoh utama menggunakan organisasi sendiri (trial 21 hari)

1. Buat Email

Belum punya email? Silakan buat terlebih dahulu di Gmail atau provider lainnya. Jika mau menggunakan email sementara (disposable email) juga boleh misalnya di fakemail.net atau sejenisnya. Yang penting, email tersebut belum pernah mendaftar di ESRI.

2. Buka Form Pendaftaran 

Terdapat dua pilihan untuk mendapatkan versi trial arcgis, yaitu
  1. Bagian dari (organisasi) Learn ArcGIS https://learn.arcgis.com/en/become-a-member/
  2. Membuat organisasi sendiri https://links.esri.com/pro/trial
Kami memilih untuk membuat organisasi sendiri karena jika menjadi bagian dari Learn ArcGIS, maka pengaturan (utamanya lisensi) tergantung kepada admin. Sedangkan pilihan kedua, membuat organisasi sendiri, pengaturan menjadi terserah kita. Namun perlu diingat, lisensi trial pada Learn ArcGIS lebih lama. Kami mencoba daftar saat membuat tulisan ini mendapatkan lisensi hingga 9 bulan dibandingkan dengan opsi kedua yang hanya 21 hari saja.

Pada form untuk membuat organisasi sendiri, isilah informasi seperti pada gambar berikut. Silakan isi sendiri, tidak perlu valid yang penting ada isinya.

Gambar 1. Form registrasi ArcGIS Pro Trial

Klik pada START TRIAL untuk melanjutkan.

Jika kita memilih untuk menjadi bagian dari Learn ArcGIS, maka tampilan form akan seperti berikut.

Gambar 2. Form registrasi ArcGIS Pro Trial sebagai Bagian dari Learn ArcGIS Organization 

3. Konfirmasi pada Email

Pada email yang kita buat pada Langkah 1 dan kita gunakan untuk mendaftar pada Langkah 2, akan terdapat email dari ESRI disertai LINK untuk mengaktifkan permintaan trial. Klik pada link tersebut.  

Gambar 3. Konfirmasi Email dari ESRI

4. Isi informasi tambahan


Isikan informasi tambahan pada form yang tampil seperti USERNAME, PASSWORD, Pertanyaan Keamanan dan Konfirmasi Setuju Syarat dan Ketentuan. Ingat ya, Username dan Password harus dicatat agar tidak lupa.

Gambar 4. Pengisian Informasi Tambahan

Klik pada CREATE MY ACCOUNT untuk melanjutkan.

5. Assign Lisensi ke User

Kunjungi halaman arcgis.com dan login dengan username dan password. Halaman MyEsri berisi pengaturan lisensi (trial) dan lain-lain. Pada tab ORGANIZATION > LICENSES, lakukan otorisasi lisesnsi terhadap user kita sendiri (sebagai user). 

Gambar 5. Assign Lisensi

Tutorial dari ESRI untuk Assign ArcGIS Pro dapat dilihat pada VIDEO BERIKUT.

6. Jalankan ArcGIS Pro

Untuk pertama kali lakukan LOGIN dan dapat menggunakan ArcGIS Pro secara penuh sesuai dengan masa trial.

Gambar 6. Login ArcGIS Pro

7. Aktifkan ArcGIS Pro secara Offline 

Jika dibutuhkan, ArcGIS Pro dapat dijalankan secara offline (tanpa login setiap kali buka). Hal ini diperlukan saat pengguna berada off-grid, atau berada di luar jangkauan jaringan. Cara mengaktifkan ArcGIS Pro secara offline dapat dilihat pada TULISAN BERIKUT.

----

Perlu diingat bahwa langkah 1 - 7 sebagian besar menampilkan contoh dan tahapan jika kita membuat organisasi sendiri bukan bagian dari Learn ArcGIS (Langkah 2). Pilihan tersebut sangat terbatas pada lisensi yang hanya 21 hari. Jika kita memilih sebagia bagian dari Learn ArcGIS, kita mendapatkan lisensi selama 9 bulan ke depan sepeti tampak pada Gambar 7. Namun bagi penulis lebih memilih membuat organisasi sendiri (Lisensi 21 hari) karena sangat bebas untuk mengatur offline ArcGIS Pro.

Gambar 5. Cek Lisensi pada ArcGIS Pro

Bagaimana jika lisensi berakhir? Kita dapat membeli liensi ataupun mendaftar trial kembali. Kita tidak perlu download software ArcGIS Pro kembali, cukup login dengan username dan password baru.

Semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

Data,59,Geospasial,217,GIS,167,Pustaka,22,RS,166,Software,46,Tutorial,84,
ltr
item
RSGIS Indonesia: Mendapatkan Lisensi Trial ArcGIS (ArcGIS Pro)
Mendapatkan Lisensi Trial ArcGIS (ArcGIS Pro)
https://1.bp.blogspot.com/-oCUaVdft78U/Xq9CuCcFKBI/AAAAAAACPxY/z-Fjq-zpa2c6mpq8ksDrzQqDcOIHIPv4ACPcBGAYYCw/s320/arcgispro01.png
https://1.bp.blogspot.com/-oCUaVdft78U/Xq9CuCcFKBI/AAAAAAACPxY/z-Fjq-zpa2c6mpq8ksDrzQqDcOIHIPv4ACPcBGAYYCw/s72-c/arcgispro01.png
RSGIS Indonesia
https://www.rsgis.info/2020/05/mendapatkan-lisensi-trial-arcgis.html
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/
https://www.rsgis.info/2020/05/mendapatkan-lisensi-trial-arcgis.html
true
3008467515520484700
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy