Pages

Blog remote sensing, penginderaan jauh, rsgis, gis, sig, arcgis, qgis, geographic information system, data spasial, geospasial Indonesia

About

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RECENT$type=list-tab$date=0$au=0$c=4

REPLIES$type=list-tab$com=0$c=4$src=recent-comments

RANDOM$type=list-tab$date=0$au=0$c=4$src=random-posts

Search

$type=slider$snippet=hide$cate=0

Footer Logo

Footer Logo

$type=ticker$count=10$cols=4$cate=0

LATEST POSTS$type=blogging$count=13$page=true$va=0

You are here: Home / Menjalankan ArcGIS Pro Offline

Menjalankan ArcGIS Pro Offline

| No comment

ArcGIS Pro merupakan perangkat lunak ArcGIS Desktop dari ESRI yang sedang dikembangkan untuk menggantikan ArcMap. Perubahan mendasar dari interface yang menyertai perubahan dalam komputasi (menjadi 64 bit) membuat banyak sekali perbedaan. Hal ini menjadi kendala untuk migrasi dari ArcMap ke ArcGIS Pro. Salah satu kendala yang utama adalah sulitnya menjalankan ArcGIS Pro tanpa internet. Sebenarnya ESRI sudah memberikan fitur untuk menjalankan ArcGIS Pro secara offline dengan syarat bahwa akun kita merupakan bagian dari organisasi yang mengizinkan untuk menjalankan ArcGIS Pro offline. Dalam hal ini lisensi didownload dan disimpan pada PC sementara sampai pengaturan offline dimatikan.

Untuk pengguna trial, tentu hal ini agak tricky. Sebagaimana diketahui kita dapat mendapatkan lisensi ArcGIS Desktop (termasuk di dalamnya ArcGIS Pro) secara trial. Kita dapat mendapatkan trial melalui:
Kami sangat menyarankan untuk membuat akun trial dengan membuat organisasi sendiri, tidak menjadi bagian dari Learn ArcGIS.

Untuk dapat login ArcGIS Pro tanpa internet dapat dilakukan sebagai berikut.

PERTAMA, tentu kita harus sudah mendapat lisensi ArcGIS Pro, baik yang single use ataupun trial. Pada tutorial ini kami menggunakan versi Trial

KEDUA, jalankan ArcGIS Pro

KETIGA, Lakukan login ke ArcGIS Pro seperti biasa dengan akun yang telah dibuat.


KEEMPAT, Klik pada link SETTINGS yang terdapat pada pojok kiri bawah


KELIMA, pada bagian LICENSING, aktifkan (tik) pada Authorize ArcGIS Pro to work offline. Pilih YES jika ada pertanyaan konfirmasi


Jika kita merupakan bagian dari Learn ArcGIS (mendapatkan trial dari form Learn ArcGIS), fitur ini mungkin dimatikan. Bila sudah berhasil mengaktifkan ArcGIS Pro to Work Offline, maka kita tidak perlu lagi login/koneksi untuk dapat menggunakan ArcGIS Pro, hingga liesnsi expired.

Bekerja offline dengan ArcGIS Pro sebenarnya kurang disarankan mengingat bahwa kita mungkin dapat tertinggal update dan informasi seputar ArcGIS Pro. Namun untuk pengguna yang kurang akess internet atau sering ke lokasi yang sulit internet, maka mengaktifkan login offline ke ArcGIS Pro adalah pilihan yang tepat.